Makassar (ANTARA Sulsel) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengatakan pihaknya berharap dilakukan optimalisasi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV untuk mendukung perekonomian Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Seumpamanya PTPN juga ada Pabrik Gula Takalar yang mungkin tidak `visible` lagi, itu akan lihat ke sana itu harus dioptimalisasikan untuk apa dalam mendukung pengembangan perekonomian Sulsel," kata Rini disela-sela kunjungan kerjanya di PT Pelindo IV, Makassar, Selasa.

Kinerja PTPN di Takalar yang semakin melambat dari tahun ke tahun, mendapat perhatian dari Menteri BUMN, karena itu salah satu agenda dalam kunjugan kerjanya adalah ke PTPN yang juga memiliki Pabrik Gula Takalar.

Menanggapi kinerja PTPN XIV dengan pabrik gulanya yang dinilai kurang "visible" lagi, Rini mengatakan, harusnya perusahaan milik pemerintah itu dioptimalkan kembali kinerjanya atau dialihkan menjadi kegiatan usaha lain.

Kehadiran menteri BUMN yang semula dijadwalkan pekan lalu, baru dapat terlaksana hari ini. Agenda perdananya di Makassar adalah mengunjungi PT Pelindo IV, Makassar untuk menyimak paparan rencana sejumlah pelabuhan yang berada di wilayah kerja PT Pelindo IV.

Pada kesempatan itu, Dirut PT Pelindo IV Mulyono mengemukakan bahwa akan membangun New Port Makassar (NPM) di kawasan Paotere, Makassar dengan `ground breaking` pada akhir Maret atau awal April 2015 oleh Presiden Jokowi.

Selain pelabuhan yang berada di Makassar yang akan dibangun, juga pelabuhan di Bitung dan Sorong menjadi prioritas untuk mendukung program pemerintah dalam membangun tol laut.

"Dengan kehadiran pelabuhan-pelabuhan baru itu, maupun rehabilitasi pelabuhan yang sudah ada, diharapkan konektifitas antardaeah di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dapat terwujud," kata Mulyono.

Alasannya, selama ini untuk pengangkutan barang atau penumpang dari satu daerah atau provinsi, biasanya harus melalui pelabuhan di Surabaya terlebih dahulu baru ke daerah tujuan. Ridwan Ch 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024