Makassar (ANTARA Sulsel) - Sembilan politisi dipastikan akan ikut bertarung dalam Konferensi Daerah Partai Demokrasi Indonesia Sulawesi Selatan yang akan dilaksanakan pada Jumat, 6 Maret 2015 demi memperebutkan posisi Ketua DPD.

"Konfercab serentak 23 kabupaten dan kota telah sukses dilaksanakan pekan lalu dan hanya menghabiskan waktu sehari untuk memilih 23 Ketua DPC," ujar Sekretaris DPD PDIP Sulsel Rudi Piter Goni di Makassar, Rabu.

Dalam Konferda yang akan digelar itu sembilan politisi yang bakal bertarung yakni Andi Ridwan Witri, Andi Anshari Mangkona, Iqbal Arifin, Husain Junaid, Alimuddin, Dan Pontasik, Rudi Piter Goni, Iin Manaba, dan I Made Prana.

Rudi menyatakan, kesembilan politisi yang bakal berebut jabatan ketua DPD PDIP Sulsel itu dianggap telah memenuhi persyaratan setelah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan yang digelar langsung oleh DPP pada bulan Februari lalu.

"Kalau dikatakan layak, pastilah layak semuanya tetapi hanya satu nanti yang terpilih. Ketua DPD itu akan dipilih berdasarkan persetujuan Ibu Mega (Ketua Umum) dan sistem pemilihan tetap sama yakni musyawarah mufakat," katanya.

Sementara itu, Koordinator Tim Konsolidasi dan Monitoring DPP PDIP Baltasar Tarigan menyatakan, setelah ketua PDIP Sulawesi Selatan Zainal Basri Palaguna tidak maju lagi dipemilihan ini, partai kemudian mencari figur muda untuk memimpin partai ini ke depan.

Alasannya, figur muda dianggap dinamis karena mampu mengakomodir kepentingan daerah dan dinilai masih energik. Apalagi masih ada agenda penting yang akan digelar di masa mendatang.

"Dari beberapa nama itu, Ibu Megawati akan memilih tiga nama dalam konferda. Tiga nama ini akan dimasukkan dalam amplop tertutup. Tiga nama inilah nantinya yang bersepakat memilih ketua, sekretaris, dan bendahara," tutur Baltasar.

Dalam Konferda tersebut, akan diikuti 72 peserta dari 24 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan. Masing-masing terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara DPC yang telah terpilih pekan lalu.

Selain pengurus tingkat DPC, turut hadir peninjau 59 anggota DPRD Kabupaten dan Kota, 5 DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, dan 2 dari DPR RI. Serta Organisasi sayap seperti BMI, TMP, dan Bamusi dan pengurus DPD PDIP se Sulawesi Selatan periode 2010-2015.

"Mereka tetat hadir, lantaran merekalah yang memilih kami dalam proses penjaringan. Kemudian DPP lah yang akan menentukan hasil tiga besar terbaik," katanya. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024