Makassar(ANTARA Sulsel) - Pemerintah New Zealand segera membangun kerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar, Indonesia, di sejumlah bidang seperti pendidikan, budaya, penataan kota hingga peningkatan SDM.

"Kita mencoba membangun hubungan baik antara kota dan negara yang lebih spesifik," kata Wali Kita New Zealand, Tim Shadbolt di rumah jabatan Wali Kota Makassar, Jumat.

Dalam kunjungannya ke Makassar, dirinya mengatakan Makassar adalah daerah kecil dibandingkan dengan daerahnya cukup besar. Untuk itu jalinan persahabatan antara kedua kota segera direalisasikan dalam kerja sama.

"Kami berdua membicarakan bagaimana penataan kota dan pertukaran pelajar. Selain itu edukasi budaya antara negara," ujarnya.

Sementara Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto pada kesempatan itu mengatakan menyambut baik dukungan pemerintah New Zealand dalam berbagai hal positif.

"Dengan hubungan baik ini barangkali pemerintah New Zealand menawarkan pelatihan di negaranya, begitupun adanya rencana pemerintah India juga menjalin kerja sama dengan kami," sebutnya.

Menurut dia, pembentukan Komisi Pengendalian Percepatan Program Stategis atau KP3S di dalamnya telah diatur komisioner khusus menangani investasi dan kerja sama antarnegara.

"Ini harus disikapi secara benar, mengingat banyaknya tawaran negara-negara sahabat termasuk New Zealand baik melalui kerja sama maupun investasi," ucapnya.

Mengenai jalinan hubungan baik antarnegara tersebut, kata dia, tentunya banyak ukuran untuk bagaimana kerja sama itu menjadi lebih produktif.

"Hubungan ini bisa membuat kita lebih berwawasan serta menambah ilmu kita dan lebih penting adalah jaringan persahabatan bagaimana hubungan baik antara negara-negara sahabat tetap terjaga dengan baik," tambahnya.  FC Kuen

Pewarta : Darwin Faitr
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024