Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menegaskan akan mengganti lurah yang bekerja tidak maksimal bila nanti banyak keluhan yang masuk melalui ponselnya.

"Saya siap mengganti bila lurah itu tidak melayani masyarakat dengan baik," kata Ramdhan usai pelantikan 143 lurah dirangkaian penyerahan 628 SK honorer K2 di Lapangan Karebosi Makassar, Jumat.

Menurut dia, pelantikan tersebut sangat sederhana berbeda dengan pelantikan masa pemerintahan yang lalu, mengingat lurah yang lantik berada di bawah pohon beralaskan tanah, karena lurah sebagai pelayan bagi masyarakat dan bukan dilayani masyarakat.

"Mengapa saya melantik mereka disini bukan ditempat yang lebih bagus, supaya jelas bahwa filosofi pelantikan ini mengingatkan mereka bahwa jabatan itu hanyalah amanah," ucapnya.

Ia menyebutkan, proses pemilihan lurah mempunyai mekanisme yang sangat panjang yang dilakukan Tim Seleksi (Timsel) sampai mereka terpilih termasuk masukan adanya keluhan masyarakat.

"Prosesnya cukup panjang, mulai dari Timsel kemudian masukan Baperjakat, SMS masyarakat yang mengeluhkan kinerja lurah sebelumnya sehingga tidak lagi terpilih," bebernya.

Pria disapa akrab Danny Pomanto ini menegaskan telah memberikan target kepada lurah baru untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat selama kurun waktu tiga bulan.

"Kalau untuk SKPD itu sembilan bulan jangkanya, kalau lurah terhitung hanya tiga bulan terhitung pada hari ini dilantik. Lurah harus bekerja baik, itu ukurannya. Kalau tidak baik, kita ganti," tegasnya.

Guna mengoptimalkan kinerja lurah, lanjut dia, pihaknya akan menurunkan tim khusus untuk memantau loyalitas lurah tersebut temasuk masalah kebersihan lingkungan.

"Diturunkan tim sebanyak 143 orang sesuai jumlah kelurahan di Makassar sebagai pemantau kinerja mereka. Kalau ditemukan banyak pelanggaran dan keluhan masyarakat, maka lurah bersangkutan, diganti," ucapnya.

Selain itu, Danny sengaja memyebarluaskan nomor ponselnya untuk memberikan kepercayaan masyarakat bahwa Wali Kota bekerja maksimal untuk kepentingan warga kota.

"Jadi masyarakat bisa langsung komplain ke saya melalui SMS dan saya langsung menerima dan segera menindaklanjuti persoalannya," ujarnya.

Diketahui, dari 143 lurah yang dilantik, sebanyak 120 orang muka lama dan 23 wajah baru. Wajah baru tersebut di tempatkan di wilayah berbeda sementara 120 lainnya dirotasi dengan harapan mampu menjalankan tanggung jawabnya sebaik mungkin. FC Kuen

Pewarta : Darwin Faitr
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024