Biak (ANTARA Sulsel) - Komandan Pangkalan udara Manuhua (Lanud) Kabupaten Biak Numfor, Papua Kolonel (Pnb) Gustav Brugman mengatakan pengamanan bandara Frans Kaiseipo melibatkan satuan TNI Angkatan udara.

"Keberadaan prajurit TNI AU membantu pengamanan bandara Frans kaiseipo sebagai objek vital fasilitas pemerintah karena melayani jasa penerbangan umum," ungkap Danlanud Kolonel Gustav Brugman menanggapi pengamanan bandara Frans Kaisiepo.

Ia mengakui status bandara Internasional Frans Kaisiepo mengharuskan wilayah itu harus aman disinggahi penerbangan komersial dengan berbagai tujuan ke antar kabupaten di Papua dan Papua juga untuk tujuan keluar Papua.

Danlanud Kolonel Gustav mengakui prajurit TNI AU yang diperbantukan menangani pengamanan bandara Frans Kaisiepo dalam tugas di lapangan tetap bekerjasama dengan security internal bandara serta aparat kepolisian setempat.

Selama prajurit TNI AU yang diberikan tugas membantu pengamanan area bandara Frans Kaisiepo, menurut Danlanud Kolonel Gustav Brugman, dalam bertugas tetap mengutamakan prosedur operasional yang berlaku di jajaran bandara setempat.

¿Ya prajurit TNI membantu menjaga area bandara Frans Kaiseipo diharapkan bisa memberikan rasa nyaman dan aman kepada pengguna jasa penerbangan setempat,¿ ujarnya.

Hingga Sabtu pagi sejumlah prajurit TNI AU yang dperbantukan pengamanan bandara tampak melakukan patroli dengan kendaraan bersama security di sekitar area bandara untuk mencegah kendaraan masuk melintas kawasan bandara.

Pada kunjungan Menteri Perhubungan Ignatius Jonan sempat menyarakan otoritas pengelola bandara Frans Kaisiepo untuk membenahi standar pengamanan bandara karena masih didapati kendaraan melintas di kawasan runway pesawat. O. Tamindael

Pewarta : Muhsidin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024