Makassar (ANTARA Sulsel) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dijadwalkan membuka Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) di Celebes Convention Center, Makassar pada Senin 16 Maret 2015.

"Rencananya sore ini beliau tiba di Makassar, selanjutnya membuka GKN di CCC jalan Metro Tanjung Bunga besok pagi," kata kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel AM Yamin, Minggu.

Menurut dia rencananya Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu`mang juga akan menjemput menteri di bandara kemudian menuju hotel Arya Duta selanjutnya dijamu makan malam.

"Rencana pak Agus akan menjamu untuk makan malam bersama, kalau tidak salah di Rumah makan Ujungpandang," bebernya.

Yamin menyebutkan sekitar 600 orang wirausaha muda, mulai dari kalangan umum, mahasiswa maupun kaum profesional akan ikut meramaikan kegiatan tersebut. Selain itu pihaknya akan mengelar pelatihan kewirausahaan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah membuka Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) 2015 di Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis 12 Maret 2015.

GKN diharapkan dapat meningkatkan partisipasi sebagian pihak agar memasyarakatkan budaya berwirausaha di kalangan masyarakat untuk peningkatan ekonomi kerakyatan.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso Budi Susetyo menyatakan sejak pelatihan kewirausahaan diterapkan berhasil melahirkan wirausahaan baru.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM pada 2012 sebanyak 189 wirausaha pemula, selanjutnya 2013 sebanyak 3.860 wirausaha hingga 2014 tercacat 4.326 wirausaha pemula.

Kegiatan puncak acara GKN tersebut tentu melibatkan mitra perbankan seperti Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan lembaga lain sebagai upaya mencetak kader wirausahawan yang unggul dan mandiri.

Selain itu untuk teknis pelaksanaannya juga melibatkan perguruan tinggi, Palang Merah Indonesia (PMI), PT BNI, PT IBM, PT Microsoft Indonesia, dan PT Intel melalui dana CSR dan PKBL perusahaan masing-masing.  O Tamindael

Pewarta : Darwin Faitr
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024