Makassar (ANTARA Sulsel) - Federasi Olahraga Karate-do Indonesia Sulawesi Selatan menjaring sebanyak 30 atlet untuk mengikuti kejuaraan nasional Piala Mendagri XVIII di Banten, 26-28 Maret 2015.

Pelatih Karate Sulsel Mursalim Badoo di Makassar, Rabu, mengatakan 30 atlet tersebut merupakan hasil seleksi dari sejumlah perguruan dan pengcap di daerah serta para karateka yang tergabung dalam program pembinaan "Sulsel Maju II".

"Sebanyak 30 karateka yang terpilih memang memiliki kualitas yang lebih baik. Kami tentu berharap seluruh atlet bisa membuktikan kualitasnya saat tampil memperkuat Sulsel di Kejurnas Piala Mendagri 2015," katanya.

Menurut dia, walaupun sudah menetapkan 30 karateka yang layak tampil namun belu dipastikan bisa diturunkan seluruhnya. Sebab jadi tidaknya atlet tersebut diberangatkan masih tergantung berapa besar anggaran yang tersedia.

Sejumlah atlet yang tergabung dalam "Sulsel Maju II" tersebut diantaranya Magfira, Andre salim, Firdasari, Muhammad Rian, Ifka yang memang berpotensi bersaing.

Khusus untuk atlet "Sulsel Maju II", kata dia, hampir pasti bisa diberangkatan karena akan mendapat tanggungan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel. Apalagi atlet tersebut memang diproyeksikan untuk tampil di PON XIX Jawa Barat 2016.

"Kami juga masih menunggu kepulangan Ketua Forki yang juga Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo tiba di Tanah Air. Mudah-mudahan seluruh atlet yang terjaring bisa kita ikutkan demi menjaga peluang berprestasi," jelasnya.

Mengenai target di Piala Mendagri 2015, pihaknya belum bisa menetapkan karena masih menunggu kepastian jumlah atlet yang bisa diturunkan.

Namun demikian, lanjut dia, pihaknya tetap berharap bisa meraih hasil maksimal. Tim pelatih juga mengaku cukup optimistis bisa meraih hasil maksimal jika melihat pengalaman dan prestasi atlet di sejumlah kejuaraan sebelumnya.

"Pada pelaksanaan sebelumnya, kita hanya mengirimkan kurang lebih 15 karateka. Namun untuk tahun ini tentu kita harapkan bisa melibatkan lebih banyak karena juga cocok sebagai uji coba sebelum pra-PON," ujarnya. N Yuliastuti

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024