Makassar (ANTARA Sulsel) - Kontingen Maluku Utara menyiapkan dua tim menghadapi kejuaraan nasional kempo Piala Rektor Unhas IX di Gedung PKM Universitas Hasanuddin Makassar, Sulsel, 16-18 April.

"Tim Maluku Utara sudah menginformasikan kesiapannya tampil. Bahkan Maluku Utara mendaftarakan tim pra-PON dan tim pelapis menghadapi kejurnas Rektor Cup Unhas 2015," jelas Ketua Panitia Kejurnas Rektor Cup Unhas 2015, Fikri, di Makassar, Kamis.

Keterlibatan tim pra-PON di ajang tahunan tersebut diharapkan semakin meningkatkan kualitas kejuaraan.

Selain Maluku Utara, pihaknya juga mengundang sejumlah daerah untuk berpartisipasi diaantaranya

Papua, Papua Barat, Maluku, NTB, NTT, Kalimantan, dan wilayah di Sulawesi termasuk Sulsel sebagai tuan rumah.

Pihak penyelenggara juga turut mengundang perwakilan dari beberapa kampus di wilayah Barat atau Pulau Jawa seperti UGM, Unpad dan Perkemi Tangerang.

Keputusan mengundang lebih banyak peserta dengan harapan agar pelaksanaan Kejurnas Piala Rektor 2015 ini bisa semakin ketat dan meriah. Untuk pelaksanaan tahun 2015 ditargetkan bisa diikuti hingga 250 peserta.

Menurut dia, untuk pendaftaran tahap pertama yang baru saja berakhir, sudah banyak yang telah melakukan pendaftaran. Pihaknya juga masih membuka pendaftaran tahap kedua yang akan berakhir pada 12 April 2015.

"Semoga bisa mencapai 250 peserta. Kami juga optimistis karena kejuaraan ini dapat menjadi ajang uji coba bagi setiap daerah sebelum berlaga di pra-PON 2015," katanya.

Sekretaris Umum Perkemi Sulsel Bonay Syam mengakui keterlibatan atletnya di ajang tahunan tersebut memang akan dimanfaatkan sebagai ajang seleksi menentukan atlet yang akan memperkuat Sulsel di babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2015.

Keputusan menjadikan Kejurnas Rektor Cup IX Unhas 2015 sebagai ajang seleksi memang cukup beralasan karena kejuaraan ini memang biasanya diikuti para atlet terbaik dari sejumlah wilayah.

Pengprov Persaudaran Olahraga Kempo Indonesia Sulsel juga telah melaksanakan seleksi tahap pertama Januari 2016 yang diikuti sebanyak 16 atlet yang berasal dari sejumlah daerah di Sulsel. Untuk seleksi tahap kedua akan dilaksanakan akhir Maret 2015.

"Kami melaksanakan seleksi dalam tiga tahap. Untuk penilaian siapa yang berhak masuk tim pra-PON Sulsel akan kita lihat berdasarkan pencapain atlet pada seleksi tahap terakhir di Rektor Unhas Cup," ujarnya. Farochah

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024