Makassar (ANTARA Sulsel) - Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) akan mengirimkan sebanyak 17 pedayung kanoing untuk mengikuti pemusatan latihan ke Portugal sebagai persiapan menghadapi SEA Games di Singapura, 5-16 Juni 2015.

Pedayung timnas SEA Games asal Sulsel, Anwar Tarra saat dihubungi dari Makassar, Selasa, mengatakan 17 pedayung tersebut terdiri dari pedayung kano putra (empat atlet), kayak putra (sembilan atlet) dan kayak putri dengan empat atlet.

"Dari 20 pedayung yang dinyatakan lolos seleksi SEA Games, 17 diantaranya akan diberangkatkan menjalani try out ke Portugal. Saya bersyukur menjadi bagian dalam agenda pemusatan latihan ini," jelasnya.

Menurut rencana, timnas akan bertolak ke Portugal pada 4 April atau Sabtu dini hari. Seluruh tim dijadwalkan berada di Portugal selama kurang lebih sebulan.

Peraih 11 medali di SEA Games 2013 itu menjelaskan, selama di Portugal, timnas bukan hanya fokus dalam berlatih namun juga direncanakan mengikuti sebuah kejuaraan internasional di salah satu negara Eropa tersebut.

"Kami sebagai atlet tentu berharap dari try out di Portugal ini semakin meningkatkan kemampuan seluruh atlet," kata peraih medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau 2012 tersebut.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PODSI, Young Mardinal, sebelumnya mengakui timnas dayung akan menjalani agenda try out di tiga negara sebelum tampil di SEA Games 2015. Negara yang menjadi tujuan timnas yakni Portugal, Australia dan Singapura.

Untuk agenda timnas kanoing ke Portugal, menurut dia, direncanakan April. Sedangkan untuk agenda tim rowing sudah dilakukan pada Maret 2015.

"Untuk Kanoing sesuai rencana akan ke Portugal. Sedangkan untuk tim rowing akan berangkat ke Australia dan Singapura. Khusus agenda di Singapura kemungkinan langsung melakukan ujicoba lintasan SEA Games," katanya.

Sementara untuk tim perahu naga, juga akan mengikuti uji coba di Filipina. PODSI telah menyiapkan 14 atlet putra dan 14 putri untuk mengikuti uji coba pra-SEA Games di Filipina.

"Kami akan mengikuti festival perahu naga pada pertengahan April mendatang di Filipina," ujar Manajer Tim Perahu Naga Indonesia tersebut. J Siswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024