Makassar (ANTARA Sulsel) - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meluncurkan Survei Kepemirsaan Indeks Kualitas Program Siaran Televisi dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPI di Makassar, Selasa.

"Semoga survei kualitatif ini bisa menunjang program siaran menjadi lebih sehat, lebih bermanfaat, dan bermartabat," kata Ketua KPI Pusat Judhariksawan dalam sambutannya.

Survei ini, kata dia, akan dilakukan di sembilan kota di Indonesia dan bekerja sama dengan sembilan universitas.

Universitas tersebut antara lain Universitas Hasanuddin, Makassar, IAIN Ambon, Univesitas Udayana, Bali, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Universitas Airlangga, Surabaya, Universitas Diponegoro, Semarang, UIN Kalijaga, Yogjakarta, Universitas Indonesia, Jakarta, dan USU, Medan.

Melalui program ini, KPI berharap mendapatkan gambaran utuh tentang pendapat masyarakat mengenai program-program televisi yang bersiaran, untuk dijadikan dasar kebijakan dalam menetapkan berbagai aturan guna meningkatkan kualitas penyiaran.

Sementara itu, Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dwia Aries Tina Palubuhu mengatakan pihaknya bergembira ketika KPI Pusat mengajak untuk melakukan survey ini.

"Hal ini sebenarnya sudah lama kita nantikan, ketika banyak kekhawatiran dan keprihatinan ketika melihat program-program siaran televisi akhir-akhir ini," ujarnya.

Pihaknya, kata Dwia, telah siap dan berkomitmen dalam melaksanakan survei ini sebaik-baiknya. Dia berharap nantinya informasi yang diterima masyarakat adalah informasi berbasis pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Agus Setiawan

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024