Makassar (ANTARA Sulsel) - Atlet SEA Games 2013 asal Sulawesi Selatan, Ade Irma memutuskan mundur dari tim kempo Sulsel untuk persiapan menghadapi babak kualifikasi 2015 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016.

Sekretaris Umum Perkemi Sulsel, Bonay Syam di Makassar, Rabu, mengatakan Ade Irma menyusul atlet SEA Games 2013 asal Sulsel lainnya yakni Ronald Huyanto yang lebih dulu memutuskan mundur dari tim PON Sulsel.

"Dari tiga atlet SEA Games 2013 asal Sulsel, tinggal menyisakan Dian Pertiwi. Adapun dua atlet lainnya yakni Ade Irma (kelas 50kg) dan Ronald Huyanto (kelas 60kg) telah mundur dengan alasan berbeda," katanya.

Untuk alasan mundurnya Ade Irma, kata dia, karena akan menjalani pernikahan pada tahun ini. Sedangkan untuk Ronald Huyanto memilih fokus dalam dunia bisnis. Pihaknya juga mengaku menghormati keputusan yang diambil atlet peraih medali emas PON Riau 2012 tersebut.

Mundurnya kedua atlet senior Sulsel ini, menurut dia, tentu memberikan pengaruh negatif bagi tim Sulsel khususnya dalam persiapan tim mengikuti praPON 2015 dan PON 2016. Kemampuan keduanya memang masih begitu diandalkan demi menjaga peluang meraih prestasi PON 2016.

Sebagai pengganti keduanya, Pengprov Perkemi Sulsel terus meningkatkan kemampuan beberapa atlet. Ada beberapa atlet yang dipersiapkan mengisi posisi keduanya seperti Suwaib dan Abdul Kadri di kelas 60 kg putra serta Riska Suriati di kelas 50kg.

Pihaknya juga berharap dengan waktu yang tersisa ini bisa melahirkan atlet yang mampu menyaingi kualitas kedua seniornya tersebut.

"Pengaruh itu tentu ada. Apalagi penggantinya saat ini belum memiliki banyak jam terbang dan masih cukup muda. Namun kami akan berupaya lebih memaksimalkan kemampuan keduanya agar bisa bersaing," jelasnya.

Sebelumnya, Pengprov Perkemi Sulsel telah menyeleksi sebanyak 16 atlet antara lain Abdul Kadri (Pare-pare), Aswad, Chareul Amri (Bantaeng), Sugeng, Salbilirizad (Makassar), Albertus (Kabupaten Gowa) untuk kelas 60 kg putra .

Sedangkan untuk kelas 65kg yakni Muhammad Sakir (Luwu Timur), Dermawan (Makassar). Begitupun untuk kelas 70kg putra atas nama Ricoholi dari Pare-pare.

Sementara untuk kelas putri 45 kg yakni Dian Pertiwi (atlet SEA Games), Ramayani (Kabupaten Barru) dan Ayu Yustika asal Kabupaten Bantaeng.

Disusul kemudian di kelas 50 kg putri terdapat Riska Suriati (Kabupaten Bantaeng). Adapun kelas 55 kg akan diperebutkan Nining Handika (Kabupaten Barru) dan Handra asal Kabupaten Sidenreng Rappang.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024