Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia Sulawesi Selatan siap menggelar kejuaraan sepak takraw kelompok umur se-Sulsel di Makassar, yang direncanakan Agustus 2015.

Sekretaris Umum PSTI Sulsel, Saleh Gottang di Makassar, Rabu, mengatakan kejuaraan ini sebagai wadah bagi para atlet dari sejumlah usia dalam mengukur kemampuannya. Ini juga merupakan upaya Pengprov PSTI Sulsel dalam meningkatkan pembinaan atlet di daerah tersebut.

"Kita pada awalnya berencana menggelar Mei namun karena beberapa hal sehingga kita putuskan tunda seusai lebaran nanti. Penundaan ini juga membuat atlet dan daerah memiliki banyak waktu persiapan," katanya.

Untuk kejuaraan sepak takraw KU 2015 ini, kata dia, direncanakan diikuti sebanyak 24 kabupaten dan kota di Sulsel. Keterlibatan setiap daerah juga penting untuk memberikan kesempatan bagi atlet terbaiknya menunjukkan kemampuan.

Selain menggelar kejuaraan kelompok umur 2015, Pengprov PSTI Sulsel juga telah melaksanakan beberapa kejuaraan lain seperti turnamen sepak takraw antar klub se-Sulsel (Februari) dan kejuaraan daerah yang dilaksanakan di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulsel Maret 2015.

"Kami tertu berharap dengan penyelenggaraan kejuaraan yang lebih rutin semakin mengangkat kualitas dan motivasi setiap atlet. Ini juga sebagai upaya kami untuk meraih hasil terbaik di PON 2016," katanya.

Sementara terkait pra-PON 2015, pihaknya akan menyiapkan sebanyak 24 atlet untuk menghadapi Pra-PON Wilayah IV di Sulawesi Tengah, Oktober 2015.

24 atlet itu terdiri dari 12 putra dan putri. Seluruh atlet dipersiapkan tampil pada empat nomor pertandingan diantaranya nomor tim, beregu, dan double event.

Terkait peluang Sulsel di pra-PON 2015, dirinya mengaku optimistis. Kemampuan dan pengalaman sejumlah atlet diberbagai kejuaraan baik nasional hingga internasional diharapkan berdampak positif bagi peluang Sulsel.

Pihaknya juga mengaku tetap memberikan kewaspadaan terhadap beberapa tim yang akan menjadi lawan Sulsel di wiayah IV seperti Gorontalo dan tuan rumah Sulteng.

Pada pelaksanaan pra-PON 2015, akan dibagi empat wilayah. Untuk wilayah I yang menjadi tuan rumah yakni Bangka Belitung. Sedangkan untuk wilayah II diputuskan sebagai penyelenggara yakni Kalimantan Selatan. Adapun untuk wilayah III diselenggarakan di Nusa Tenggara Barat.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024