Maros, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Petani di Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan panen raya pada tahap pertama panen 2015.

"Alhamdulillah panen kali ini sangat baik dibanding musim panen akhir 2014," kata salah seorang petani Syamsuddin di Pakalli, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulsel, Selasa.

Menurut dia, kondisi yang menggembirakan ini bagi petani, karena meskipun masih masuk dalam musim hujan pada Januari - Maret, namun pada saat itu hujan tidak terlalu intensif dan tidak menimbulkan banjir, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Akibat kondisi itu, lanjut dia, hasil panen pun juga bagus kualitasnya, karena tidak lembab. Berbeda jika dalam kondisi musim hujan, padi akan menjadi lembab, karena pengeringan dengan matahari terganggu.

"Sekarang Alhamdulillah untuk mengeringkan padi juga sangat baik, karena sepanjang hari matahari bersinar, kalaupun mendung itu hanya sebentar," katanya.

Pada masa musim panen kali ini, dia mengatakan, sebagai wujud kesyukuran para petani, maka digelar acara pesta panen dengan melakukan upacara adat dan doa bersama.

"Ini sudah dilakukan turun-temurun oleh nenek kami, sehingga pada saat panen sebagai wujud kesyukuran kita maka digelar doa bersama dan makan bersama," katanya.

Kondisi serupa juga digelar para petani di Minasa Te`ne, Kecamatan Minasa Te`ne, Kabupaten Pangkep, Sulsel.

Menurut salah seorang petani di Kecamatan Minasa Te`ne Kabupaten Pangkep, Djafar, panen yang dihasilkan pada saat ini hasilnya lebih baik. Karena itu, patut disyukuri. IK Sutika

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024