Makassar (ANTARA Sulsel) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gemasaba) Sulawesi Selatan yang merupakan sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) segera menghelat kaderisasi dengan mahasiswa sebagai sasaran utamanya.

"Kami siapkan proses pelatihan dan kaderisasi, tujuannya untuk menguatkan peran partai, serta menjadi regenerasi di PKB," ujar Sekretaris DPW Gemasaba Sulsel, Muhammad Rijal di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, kaderisasi yang akan dilakukan oleh Gemasaba Sulsel itu sebagai upaya dalam menyokong regenerasi partai yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama (NU) ini.

Berdasarkan rencana, Gemasaba PKB Sulsel akan mengadakan pelatihan dan kaderisasi pada bulan Mei 2015 dengan merekrut anggota baru dari seluruh kampus se-Suslel.

Bagi Rijal, kader Gemasaba akan dididik menjadi anak muda yang mampu sebagai mesin penggerak untuk mendukung kebijakan partai. Dengan memberikan pendidikan politik kepada mahasiswa sehingga citra buruk politik selama ini, dapat menjadi lebih santun, sportif dan bermartabat.

"Kita ingin mengajak kaum muda untuk kritis dan peduli atas situasi hari ini. Banyak yang antipati terhadap dunia perpolitikan, makanya kita ingin mengubah citra itu," jelasnya.

Iqbal, Kader Gemasaba Sulsel lainnya menjelaskan, kaderisasi akan diiringi dengan kegiatan yang bersifat pengembangan "soft skill" sehingga akan lebih menarik minat para peserta.

"Gemasaba akan menjadi transformasi ideologi NU dan PKB kepada kalangan muda. Kami juga agendakan pelatihan-pelatihan yang sifatnya mengembangan ketrampilan," jelas aktivis mahasiswa UIN Alauddin ini.

Gemasaba dideklarasikan pada tanggal 05 Juni 2009 di Jakarta. Seperti induknya, Sayap PKB ini bersifat terbuka, menerima segala golongan atau kelompok dari berbagai latar belakang.

Gemasaba dituntut untuk bisa menerjemahkan dan menjelaskan mabda siyasi PKB dan visi-misi Partai Kebangkitan Bangsa kepada mahasiswa secara umum.  FC Kuen

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024