Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak tiga orang dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar diundang menjadi pembicara International Conference on Life Science and Technology (ICLST) yang diselenggarakan tanggal 24-25 April 2015 di Istanbul, Turki.

"Ketiga dosen itu akan berbicara di depan peserta yang berasal dari lebih 30 negara," kata Wakil Rektor II UMI, Dr Ir H Iskandar BP,M Sc di sela-sela audiensi dengan tim yang akan berangkat ke Turki, di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Ketiga perwakilan UMI itu adalah Prof Dr H Muhammad Hattah Fattah dan Dr Ir Asbar, MSi dosen dan peneliti pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI serta Ir St Rahbiah Busaeri, MSi dosen dan peneliti pada Fakultas Pertanian UMI dengan judul makalah "Dynamics of Endemic Habitats Microcrustaceans Phronima Suppa (Phronima sp) as Determinant of Artificial Production Development".

Menurut Iskandar, keikutsertaan ketiga dosen UMI merupakan bagian komitmen dan konkritisasi dari Program World Class University yang dicanangkan oleh Rektor UMI sejak tahun 2010. Setiap tahun UMI mengirimkan dosen dan mahasiswa untuk mengikuti berbagai forum pertemuan ilmiah tingkat internasional.

Sementara itu, Prof Dr Hatta Fattah menambahkan bahwa konferensi ICLST merupakan pertemuan ilmiah bereputasi internasional, makalah yang akan dipresentasikan sebelumnya telah direview oleh para ahli terkait dan akan dipublikasi pada Journal of Life Sciences and Technologies (JOLST) yang terindeks pada EBSCO, Ulrich`s Periodicals Directory, Google Scholar dan Electronical Journals Digital Library.

Selain itu, ICLST 2015 juga dirangkaikan dengan pertemuan tahunan Asia-Pacific Chemical, Biological and Environmental Engineering Society (APCBEES) yang merupakan perhimpunan para ahli dalam Bidang Kimia, Biologi, dan Rekayasa Lingkungan Kawasan Asia-Pasifik.

Pertemuan ini menjadi sangat penting berkaitan dengan pembahasan arah dan orientasi penelitian dan pengembangan Bidang Kimia, Biologi, dan Rekayasa Lingkungan di Kawasan Asia-Pasifik.

Dalam seleksi yang dilakukan oleh pihak APCBEES, dosen UMI Prof Dr Muhammad Hattah Fattah telah ditetapkan sebagai salah satu anggota senior (senior member) dan diberi kepercayaan selaku session chair dalam konferensi ICLST 2015.  T Susilo

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024