Makassar (ANTARA Sulsel) - Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan telah merampungkan pendistribusian soal Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMP dan sekolah sederajat.

"Pendistribusian itu telah dirampungkan akhir pekan kemarin, pada 24 kabupaten/kota di provinsi ini," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan (Sulsel) Salam Soba di Makassar, Senin.

Menurut dia, untuk pendistribusian soal itu hanya membutuhkan dua hari saja hingga sampai ke masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Adapun daerah yang sulit diakses, lanjut dia, itulah yang pertama kali didistribusikan seperti Kabupaten Selayar, Kepulauan Pangkep, Luwu Timur, Luwu Utara dan Tana Toraja, kemudian menyusul daerah lainnya.

"Sedang naskah cadangan pun telah disiapkan. Bahkan pihak percetakan pun menyanggupi untuk melakukan pencetakan ulang jika dibutuhkan," katanya.

Adapun total siswa SMP dan sekolah sederajat di Sulsel yang siap mengikuti UN pada 4 - 7 Mei 2015 yakni sebanyak 157 ribu orang.

Sementara untuk UN berbasis komputer atau computer based test (CBT), terdapat tiga sekolah yang ditunjuk menjadi perintis yakni SMP Negeri 6 Makassar, SMP Negeri 12 Makassar dan SMP Negeri 2 Parepare.

Menanggapi kesiapan siswa menghadapi UN itu, Kepala Sekolah SMPN 35 Makassar Syarifuddin mengatakan, anak didik sudah siap mengikuti UN CBT, karena sebelumnya dilakukan beberapa kali simulasi.

"Jadi baik mental maupun kesiapan teknis di sekolah, semuanya sudah siap," katanya.

Menurut Ketua Rayon 18 itu, pihaknya juga telah melakukan sejumlah persiapan termasuk dalam hal pengawasan seperti pelaksanaan rapat pengawas dan sosialisasi pelaksanaan pengawasan pada 2 Mei 2015. T Susilo

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024