Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar kembali meluncurkan 100 ribu kartu Smart City yang dirangkai dengan pembukaan Makassar City Ekspo tanggal 3-5 Mei 2015 di pelataran Anjungan Losari di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan.

"Peluncuran ini sebagai langkah awal untuk memberikan keseriusan kepada masyarakat, dan saya menargetkan tahun ini bisa satu juta kartu," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Anjungan Pantai Losari, Minggu.

Menurutnya kartu tersebut terbit berdasarkan kerja sama pihak perbankan dalam hal ini Bank Rakyat Indonesia sebagai penerbit kartu yang teriterasi dengan adminsitasi kependudukan dan fasilitas lainnya.

Kartu tersebut bersifat multifungsi, bisa digunakan sebagai uang elektronik untuk bertransaksi di supermarket, hotel, restoran, rumah sakit, parkir, dan sebagainya.

Kemudian dapat digunakan untuk transaksi di kendaraan umum yang mempunyai sistem terintegrasi dengan penarikan saldo, serta saat ini dikembangkan sebagai alat mendeteksi penyakit, serta lainnya karena diyakini berfungsi sebagai kartu akses pelayanan publik.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pada kesempatan itu memberikan apresiasi terhadap inovasi yang dilakukan Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto.

"Saya memberikan apresiasi terhadap program-program dan inovasi pak Ramdhan yang sudah mewujudkan perhatian meskipun pemerintahan baru berjalan setahun," ujarnya.

Pada kesempatan itu Rudiantara bersama Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyaksikan langsung peluncuran tersebut ditandai dengan berlakunya kartu tersebut kepada publik.

Selain itu usai peluncuran Menkoinfo juga diajak berkeliling ke sejumlah stand diantaranya usaha kerajinan UKM, masuk di Apartemen Lorong, meninjau Mobil Home Care Dottoro, mematau kesiapan dan program Dinas Infokom Makassar dan sejumlah stan lainnnya.

Makassar City Ekspo 2015 sebelumnya menampilan tarian khas daerah, fashion show baju batik bertuliskan lontara. Selanjutnya memamerkan ground atau alat pengintai udara yang dikontrol mengunakan alat tertentu dari jarak jauh apabila terjadi tindakan kriminalitas dan peristiwa lainnya .

Dalam perayaan satu tahun kepempinan Moh Ramdhan Pomanto-Syamsu Rizal atau DIA juga menghadirkan karya 54 Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait capaian program di stand mereka kepada publik pada Makassar City Ekspo 3-5 Mei 2015.  T Susilo

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024