Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim selam Sulawesi Selatan menyiapkan sebanyak empat atlet terbaiknya menghadapi kejuaraan nasional selam finswimming yang merupakan bagian dari Festival teluk Jailolo VII di Ternate, Maluku Utara, 15-16 Mei 2015.

Pelatih Selam Sulsel, Thamrin Taba di Makassar, Sabtu mengatakan empat atlet tersebut terdiri dari dua putra dan putri yakni Caleb Nandito (nomor 5.000 meter), Muhammad Fadil (nomor 3.000 meter),Siti Irmayanti (nomor 2.000 meter) serta Istiqomah Ramadhani yang turun di nomor lomba 3.000 meter.

"Kami tentu berharap seluruh atlet mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya sekaligus membawa pulang prestasi. Kita cukup optimistis melihat perkembangan atlet belakangan ini," jelasnya.

Untuk Caleb Nandito dan Istiqomah, kata dia, merupakan atlet yang bergabung dalam program "Sulsel Maju II" proyeksi menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat 2016.

Sedangkan dua atlet lainnya yakni Muhammad Fadil dan Siti Irmayanti meski berstatus pelapis namun juga memiliki potensi bersaing.

Ia menjelaskan, seluruh atlet kini terus fokus mematangkan kemampuan. Latihan yang lebih intens dan terprogram diharapkan semakin membuka peluang atlet meraih hasil maksimal.

Pada pelaksanan kejurnas selam finswimming di Manokwari Papua, 8-9 Februari 2014, Sulsel berhasil merebut medali perak melalui atlet andalannya Istiqomah ramadhani pada nomor lomba 3.000 meter.

Hasil ini diharapkan menjadi modal bagi seluruh atlet untuk kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya pada ajang tersebut.

"Kami rencananya bertolak ke Ternate pada 14 Mei nanti. Kita juga berharap mendapatkan bantuan angaran sehingga bisa lebih fokus dalam persiapan," ujarnya.

Mengenai kualitas lawan yang akan dihadapi pada ajang nanti, dirinya lebih memilih memberikan kewaspadaan terhadap seluruh tim. Pihaknya juga mengaku jika kualitas atlet sejauh ini juga bisa dikatakan sudah cukup merata.

"Peluang kita untuk kembali merebut medali tentu masih terbuka lebar. Untuk itu, kami terus fokus mematangkan kemampuan atlet agar apa yang kita harapkan pada kejurnas nanti dapat terealisasi," jelasnya.

Selain kejurnas selam finswimming, festival ini juga akan dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan yakni Sigofi Ngolo yang merupakan upacaya adat yang bertujuan untuk membersihkan laut dari niat buruk.

Adapula Orom Sasadu, Sasadu on The Sea, Scuba Diving, gelar kuliner makanan khas Halmahera Barat, eksplorasi Burung Bidadari, pameran batu akik, pameran investasi, serta pesta permainan tradisional Anak yang bertujuan untuk kembali mengingat permainan-permainan tradisional yang sudah mulai dilupakan. M yusuf

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024