Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Sulawesi Selatan menunjuk Donny Kusuma untuk menangani tim menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON), September 2015.

Sekretaris Umum Perbasasi Sulsel, Guntur di Makassar, Senin, mengatakan, keterlibatan mantan atlet nasional itu sebagai pelatih kepala diharapkan semakin meningkatkan kualitas atlet dan meloloskan tim Sulsel ke PON Jabar 2016.

"Kita sudah ada kesepakatan dengan Donny Kusuma untuk meningkatkan kualitas atlet jelang tampil di pra-PON. Kami tentu optimistis karena Donny memiliki pengalaman dan prestasi di sejumlah kejuaraan," jelasnya.

Selama menjadi kepala pelatih Sofbol Sulsel, kata dia, pria yang juga berprofesi sebagai artis itu akan lebih sering berada di Makassar. Bahkan sesuai kesepakatan bersama Perbasasi Sulsel, Donny akan berada di Makassar kurang lebih dua minggu dalam setiap bulannya.

Namun demikian, menurut dia, untuk jadwal kedatangan Donny di Makassar tetap tergantung dengan program latihan yang telah dibuat pelatih kelahiran Bandung tersebut. Artinya jika ada jadwal yang harus diikuti secara langsung maka akan berada di Makassar dan sebaliknya jika tidak terlalu mendesak maka diserahkan ke asisten pelatih.

"Donny Kusuma diagendakan berada di Makassar dan melatih tim selama dua minggu dalam setiap bulan. Donny memang tidak selalu berada di Makassar karena kegiatannya yang cukup padat di Jakarta," katanya.

Mengenai nilai kontrak atau kerjasama Donny dalam menangani tim Sulsel, lanjut dia, juga tidak begitu besar. Pihaknya hanya menanggung biaya tiket pulang pergi serta biaya konsumsi dan akumodasi selama berada di Makassar.

"Donny memang memiliki hubungan baik dengan Ketua Perbasasi Sulsel yang juga Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. Selain itu, Donny juga memiliki komitmen dalam pembinaan cabang sofbol di Sulsel," ujarnya.

Lebih jauh, Perbasasi Sulsel juga akan menggelar kejuaraan nasional di Lapangan Sofbol Karebosi Makassar, Sulsel, Juli 2015.

Ketua Panitia Kejurnas Piala Walikota, Agus Suherman menjelaskan sebanyak 12 tim terbaik telah menyatakan kesiapannya bersaing menjadi yang terbaik pada ajang tersebut diantaranya Prambors Jakarta, Garuda Jakarta, Citra Muda Jakarta, NISP Bandung, Lahzan Bandung, Lakidendek Kendari, Bontang Sofbol, Sparta Yogyakarta.

Selain itu, adapula Laston SC Makassar, Vika Dili Makassar, Tim pra PON Sulawesi Selatan, dan tim Makassar selection.

"Seluruh tim sudah melakukan konfirmasi untuk hadir pada kejuaaraan antarklub Piala Wali Kota Makassar 2015. Kami tentu berharap dengan keterlibatan klub-klub terbaik ini semakin meningkatkan kualitas kejuaraan," katanya. FC Kuen

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024