Makassar (ANTARA Sulsel)- Perkumpulan Bulutangkis (PB) Djarum mencari pebulutangkis muda berbakat dalam ajang audisi umum yang akan dilaksanakan di GOR Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, 27-30 Mei 2015.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosmin di Makassar, Senin, mengatakan pihaknya tahun ini sengaja mencari langsung talenta dari seluruh daerah penghasil atlet potensial termasuk Makassar.

"Para atlet yang terpilih dalam seleksi ini akan kita gembleng di PB Djarum sehinga dapat menjadi atlet berorestasi yang dapat mengharumkan nama bangsa dan daerah dikancah internasional," jelasnya.

Pada penyelengaraan yang ke-10 kalinya ini, kata dia, memang menggunakan format yang berbeda.

Selain tetap memusatkan penyelenggaraan di GOR Djarum Kudus, Jawa Tengah, pihaknya juga menggelar di sembilan kota di Tanah Air yakni Medan, Palembang, Balikpapan, Jember Tasikmalaya, Purwokerti, Manado, Kudus dan Makassar.

Perubahan format audisi, menurut dia, karena banyaknya masukan dari berbagai pihak. Tujuannya agar persoalan atau kendala yang dialami para peserta audisi seperti waktu dan biaya bisa diminimalisir.

Selain itu, tambah Yoppy, lewat audisi yang digelar disejumlah kota secara langsung atau tidak juga akan ikut mempopulerkan cabang olahraga tepok bulu di tengah masyarakat.

Dengan pelaksanaan di sembilan kota, juga sebagai upaya untuk menyebarkan api semangat dan gairah masyarakat untuk bermain bulu tangkis di pelosok penjuru Tanah Air.

"Keputusan kita mengelar disejumlah kota ibaratnya melakukan jemput bola ke kantong-kantong yang selama ini menjadi sumber bibit pemain potensial," katanya.

Mengenai pola audisi kali ini yakni bentuknya menggunakan pola turnamen. Peserta dibagi dalam dua keompok umur yakni U-15 dan U-13 yang akan bertanding dalam partai tunggal.

Setiap semifinal untuk kategori putra dan putri akan terpilih untuk mengikuti babak grand final yang direncanakan di Kudus, Jawa Tengah, 4-6 September 2015.

Sebelum dilaksanakan di Makassar, audisi atlet ini sudah dilaksanakan di Medan dan Palembang pada 8-11 April 2015.

Selanjutnya audisi di GOR Sudiang Makassar dan GOR Arie Lasut, Manado pada 27-30 Mei 2015. Setelah itu dilaksanakan di kawasan Jawa Barat dan Jawa Tengah yang dilangsungan secara bersamaan d GOR Lidya Djaelawijaya dan GOR Satria, Porwokerto Jawa Tengah pada 10-13 Juni 2015.

Untuk audisi terakhir sebelum masuk grand final akan dilaksanakan di Kudus, Jawa Tengah pada 1-3 September 2015.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024