Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim atletik Sulawesi Selatan sukses merebut emas kedua pada pelaksanaan kejuaraan nasional atletik Jateng Terbuka di Lintasan Atletik Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, 20-24 Mei 2015.

Pelatih Atletik Sulsel, Abdul Kadir saat dihubungi dari Makassar, Sabtu, mengatakan perolehan emas kedua Sulsel dipersembahkan Lismawati Illang pada nomor 800 meter putri. Sementara emas pertama Sulsel direbut Muhammad Lukman Jai di nomor lari 400 meter putra di pertandingan perdana.

"Pencapaian atlet kita di kejurnas kali ini sudah maksimal. Kami sebelumnya telah mengamankan satu emas dari Lukman Jai dan emas kedua kali ini dipersembahkan Lismawati," jelasnya.

Untuk perolehan medali emas Lismawati, kata dia, diraih setelah mencapai waktu tercepat 2 menit 15 detik. Catatan waktu ini lebih baik dari dua pelari tuan rumah Jateng dengan catatan waktu masing-masing 2 menit 19 detik (perak) dan 2 menit 24 detik untuk peraih perunggu.

"Kami tentu beryukur dengan pencapaian atlet di kejurnas ini. Namun demikian, kita juga minta untuk tidak berpuas diri mengingat masih ada tantangan yang lebih berat yakni di pra-PON dan PON 2016," katanya.

Menghadapi Kejurnas Jateng Terbuka 2015, Sulsel hanya menurunkan tiga atlet. Selain Muhammad Lukman Jai dinomor lari 200 meter dan 400 meter, juga ada Ardiansyah (nomor lari 100 dan 200 meter) serta Lismawati Illang yang merupakan mantan pelatnas SEA Games 2015 pada nomor 800 meter putri.

Menurut dia, ketiga atlet telah mempersiapkan diri secara matang selama di Makassar. Pihaknya sejak awal memang optimistis bisa meraih hasil terbaik pada pelaksanaan tersebut.

Sebelum turun di Kejurnas Jateng Open 2015, tim atletik Sulsel lebih dulu tampil di kejuaraan nasional antar-Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan Pusat Pembinaan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) di Stadion Harapan Bangsa, Aceh, 5-7 Mei 2015.

Pada kejurnas tersebut, Sulsel berhasil mengumpulkan empat medali yang terdiri dari dua medali emas, satu perak dan satu perunggu.

Untuk medali emas masing-masing dipersembahkan Hasruni (nomor lari 100 meter putri) dan Suryanto pada nomor jalan cepat 5.000 meter. Adapun satu medali perak melalui atletnya yakni Rahmatiah (lompat tinggi) dan Michael Anatotori pada nomor lari 1.500 meter.

Menghadapi Kejurnas PPLP/PPLM 2015 tersebut, Sulsel menurunkan delapan atlet yang terdiri dari lima atlet PPLP dan tiga PPLM yakni Bastian, Asdar, Michael Anatotori, Fitri, Nasirah, serta Suryanto, Rahmatiah dan Hasruni.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024