Manado (ANTARA Sulsel) - Tim penjaringan calon wali kota Partai Demokrat Manado menyatakan enam nama sudah diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) di Jakarta.

"Keenam bakal calon yang kami usulkan adalah Harley Mangindaan, Vicky Lumentut, Machmud Turuis, Jimmy Asiku, Royke Anter dan Ester Lambey," kata Ketua tim penjaringan Eman Suherman, di Manado, Kamis.
Dia mengatakan keenam orang tersebut memenuhi semua persyaratan administratif yang diharuskan sehingga dinyatakan memenuhi syarat dan diusulkan ke Jakarta menjadi bahan pertimbangan.

Suherman menjelaskan, sesuai dengan ketentuan para calon yang diusung harus dapat dipertanggungjawabkan secara akademis, karena penentuan siapa yang menjadi calon harus berdasarkan hasil survey.

"Ada empat lembaga survey yang hasilnya kami jadikan sebagai patokan untuk menentukan siapa yang bisa diusung menjadi calon," katanya.

Karena itu menurut Suherman, setiap calon harus memiliki elektabilitas yang tinggi supaya bisa diusung oleh PD sebagai calon wali kota dan wakil dari partai demokrat.

Namun dia menegaskan, semuanya diatur dengan jelas dalam peraturan organisasi (PO) tentang pemilihan kepala daerah sehingga jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Tahap pendaftaran dan penjaringan balon Wali kota dan Wakil Walikota Manado di DPC Partai Demokrat (PD) Manado dilaksanakan sejak 4-31 Mei 2015. 

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor :
Copyright © ANTARA 2024