Bantaeng (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Koperasi dan UKM setempat bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK menggelar Pasar Ramadhan.

Pasar Ramadhan yang berlangsung selama bulan suci Ramadhan 1436 Hijriah dibuka secara resmi oleh Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah didampingi Ketua TP. PKK Bantaeng Hj. Liestiaty F. Nurdin di Bantaeng, Selasa.

Pembukaan ditandai pengguntingan pita oleh Hj. Liestiaty F. Nurdin. Pasar Ramadhan ini merupakan kegiatan tahunan di Bantaeng yang menghadirkan seluruh kebutuhan untuk berbuka puasa.

Pasar Ramadhan ini untuk membantu kebutuhan berbuka puasa Masyarakat.

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengatakan apapun yang kita lakukan selama bulan suci Ramadhan pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

"Pasar Ramadhan ini merupakan sebuah wadah yang menyiapkan seluruh kebutuhan berbuka puasa dan merupakan momen yang sangat bagus sekali untuk bersama-sama melaksanakan ibadah puasa, sekaligus membantu masyarakat di sekitar kita," tutur Nurdin.

Masyarakat begitu antusias mengunjungi setiap stand yang sebagian besar diisi para pedagang yang tergabung dalam UKM dan IKM binaan TP. Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng.

Panitia Pasar Ramadhan yang digelar di salah satu sudut Pantai Seruni Bantaeng ini menjamin kebersihan dan higienis-nya semua jenis makanan yang dijual.

Saat berbuka pasar nanti menyediakan takjil seperti es buah, es pallu butung, pisang ijo, cendol, dan kue lapis.

Pasar Ramadhan juga menyediakan beraneka ragam kerajinan tangan hasil kreasi pengrajin seperti tas, dompet, kain dan sebagainya.

Pada kesempatan yang sama HM Nurdin Abdullah dan Hj. Liestiaty F. Nurdin menyerahkan bantuan berupa modal usaha kepada para pedagang Pasar Ramadhan.

Sebanyak 20 pedagang mendapat bantuan uang tunai yang nantinya diharapkan digunakan untuk menyiapkan segala kebutuhan masyarakat yang berkunjung ke tempat tersebut.

Rombongan yang dipimpin Bupati Bantaeng selanjutnya meninjau secara langsung aktifitas Pasar Ramadhan, berbagai dagangan diborong olehnya, sekaligus memberi semangat kepada para pedagang untuk menjaga kualitas maupun kebersihan dagangannya serta stand yang dikelolanya.

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Sekretaris Daerah Bantaeng H. Abdul Gani, Asisten I Bidang Pemerintahan Bantaeng Muhammad Hero, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bantaeng Syamsul Suli, Ketua GOW Bantaeng Hj. Aisyah Yasin, Ketua DWP Bantaeng Hj. Nuraeni Gani dan beberapa Kepala SKPD lingkup Pemkab Bantaeng serta anggota TP. PKK, GOW dan DWP se-Kabupaten Bantaeng.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024