Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengurus Provinsi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sulawesi Selatan segera menetapkan komposisi tim utama yang akan memperkuat Sulsel di babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2015.

Sekretaris Umum Perbasi Sulawesi Selatan, Muhammad Taufiq di Makassar, Jumat, mengatakan pihaknya saat ini masih menyisakan sebanyak 15 atlet putra dan putri atau melebihi kuota yang dipersyaratkan pihak penyelenggara yakni hanya 12 atlet tiap tim putra dan putri.

"Berdasarkan petunjuk pra-PON bahwa setiap tim hanya berkekuatan sebanyak 12 atlet untuk putra dan putri. Artinya kita masih akan mencoret tiga atlet dan direncanakan dalam waktu dekat," jelasnya.

Dalam menentukan siapa saja yang akan terpilih ataupun dicoret dari tim Sulsel, dirinya mengaku berdasarkan penampilan setiap atlet dalam setiap latihan ataupun saat melaksanakan try out di Surabaya dan Kalimantan Selatan beberapa waktu yang lalu.

Pengprov Perbasi Sulsel juga memastikan akan lebih profesional dalam menentukan skuad inti demi menjaga peluang Sulsel meraih prestasi termasuk lolos ke PON XIX di Jawa Barat 2016.

Ia menjelaskan, kualitas atlet yang ada di tim saat ini memang dinilai cukup merata. Namun demikian, pihaknya akan tetap memilih atlet yang paling siap dan dinilai mampu mengangkat prestasi bola basket Sulsel di pra-PON 2015 dan PON 2016.

Sementara itu, pihaknya juga mengaku cukup optimistis menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Wilayah IV di Makassar, Sulsel, 2015.

Kepercayaan diri tim Sulsel salah satunya dikarenakan hasil positif yang diraih tim putra dan putri Sulsel dari agenda try out yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Jika melihat hasil yang diraih tim kita saat try out di Kalsel dan Surabaya, Jawa Timur, sepertinya kita cukup berpotensi lolos. Mudah-mudahan hasil ini bisa terus ditingkatkan sebelum tampil di pra-PON 2015," jelasnya.

Tim putra pra-PON Sulsel sebelumnya telah melaksanakan sejumlah uji coba menghadapi beberapa tim terbaik di Kalimantan Selatan, pada April 2015. Tim Sulsel juga mampu menyaingi dan mengalahkan tim pra-PON Kalsel yang sejauh ini memang dinilai punya potensi.

Begitupun dengan tim putri pra-PON Sulsel yang juga sukses meraih kemenangan saat menjalankan try out di Surabaya. Meski dalam beberapa pertandingan juga mengalami kekalahan namun paling tidak sudah memperlihatkan penampilan terbaiknya.

Mengenai kualitas lawan yang berada di Wilayah IV, dirinya mengakui pada dasarnya cukup bersaing. Namun pihaknya tetap berharap baik tim putra dan putri bisa terus menjaga penampilannya agar bisa merebut tiket ke PON 2015.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024