Makassar (ANTARA Sulbar ) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meminta agar kuliner khas Makassar yang sangat beragam ini segera dipatenkan untuk selanjutnya dipromosikan ke dunia.

"Saya minta kekayaan kuliner Makassar ini dipatenkan, tetapi hak paten itu merupakan milik Pemerintah Kota," ujar Danny sapaan akrab Wali Kota di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, bahwa Makassar memiliki begitu banyak kekayaan khas di bidang kuliner. Kebanyakan dari makanan tersebut memiliki nilai histori dan kearifan lokal yang kuat sehingga sangat disayangkan jika diklaim oleh daerah lain.

Karenanya, dia meminta kepada Dinas Pariwisata agar menginventarisir semua jenis masakan tradisional Makassar untuk selanjutnya diajukan hak patennya.

Menurutnya jika hak paten itu diusulkan perorangan dikhawatirkan akan menjadi perdebatan dalam masyarakat, sehingga dirinya berinisiatif agar hak paten menjadi milik pemerintah kota.

"Kita banyak melakukan perbincangan dengan Kementerian Pariwisata dan ada kesepahaman mengenai hak paten dari kuliner yang ada di nusantara ini, tidak terkecuali kuliner kita," katanya.

Sementara itu, kunjungan Deputi Bidang Pengembangan, Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementrian Pariwisata bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar membahas masalah kuliner ini terkait akan digelarnya Makassar Culinary Night Ramadan yang berbahan ikan dan pangan lokal.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuty bahwa Makassar merupakan kota pertama yang dipilih sebagai tempat dilangsungkannya kegiatan ini.

Hal itu dikarenakan potensi kuliner yang dimiliki kota ini jauh lebih siap ketimbang 15 kota lain di Indonesia yang juga rencananya akan menyelenggarakan event yang sama.

"Makassar adalah pionir untuk kegiatan ini karena kita liat memang sudah ada kesiapan dari awal dengan adanya kegiatan Ramdhan Culinary Night," ucapnya.

Selain itu Esthy juga sangat mengapresiasi inisiatif Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto untuk pemberian hak paten aneka makanan lokal yang menjadi andalan kota ini.

"Inisiatif Pak Wali patenkan kuliner khas Makassar sangat baik, kami akan bantu prosesnya. Dengan adanya hak paten ini akan semakin mengangkat promosi pariwisata daerah melalui kuliner itu," katanya. ***1***



(T.KR-MH/B/A034/A034) 03-07-2015 21:31:21

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024