Makassar (ANTARA Sulsel) - Lembaga Survei Indeks Politica (IPI) merilis untuk hasil survei elektabilitas Juni 2015 Bakal Calon Bupati Luwu Timur Thoriq Husler kembali menguat mengungguli sejumlah rivalnya yang akan bertarung pada pilkada serentak 9 Desember 2015.

"Hasil survei untuk elektabilitas kandidat bupati Luwu Timur, tertinggi yakni Thoriq Husler 30,4 persen, disusul Nur Husein 21,3 persen, M Siddik BM 13,2 persen, dan Saldy Mansur 6,4 persen," ujar Direktur Riset dan Strategi IPI Jumardi MD di Makssar, Minggu.

Sementara kandidat lainnya yakni Andi Baso Makmur dengan 3,1 persen, Sarce Bandaso 2,8 persen, Irwan Bahri Syam 2,3 persen, Badaruddin A Picunang 2,1 persen, Esra Lambang 1,5 persen, Budiman 1,2 persen.

Selanjutnya, Rahman Rauf 0,86 persen, Khaerul Saad 0,72 persen, Andi Alif Thahar 0,72 persen, tidak menjawab, tidak tahu atau dan rahasia 13,4 persen.

Menurut dia, merujuk pada elektabilitas saat ini peluang Thoriq Husler dan Nur Husein paling besar untuk menang, namun keduanya perlu juga menghitung M. Siddik BM dan Saldy Mansur sebagai kuda hitam.

"Bisa jadi keduanya menjadi halangan atau batu sandungan Thoriq di Pilkada Luwu Timur pada Desember mendatang bila tidak melakukan strategi politik dengan baik," tuturnya.

Survei yang dilakukan IPI, tambahnya mulai 15 - 30 Juni 2015 dengan mengunakan sampel 440 orang, dengan cara wawancara, tatap muka menggunakan kuisioner.

Untuk metodelogi digunakan multistage random sampling acak berjenjang, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error lima persen.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024