Manado (ANTARA Sulsel) - Bupati Minahasa, Sulawesi Utara, Jantje Wowiling Sajow meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) di daerah tersebut bekerja optimal.

"Saya memberikan apresiasi kepada seluruh ASN yang hadir tepat waktu dan memberi perhatian dalam setiap pelaksanaan apel, termasuk yang senantiasa berkomitmen melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan mematuhi waktu kerja berdasarkan peraturan kepegawaian yang ada," kata Jantje di Manado, Senin.

Dia meminta ASN bekerja penuh semangat, dedikasi, loyalitas dan totalitas serta berorientasi pada pelayanan kepada masyarakat. "Mari sukseskan Gerakan Nasional Ayo Kerja, yang menyiratkan semangat untuk bekerja, bekerja dan bekerja," ungkap Bupati.

Bupati menegaskan tentang hak dan kewajiban ASN sebagaimana UU Nomor 5 Tahun 2014 dan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Displin PNS.

Dia mengatakan, bupati telah menginstruksikan Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) untuk menindaklanjuti amanat tersebut sehingga telah ada sanksi yang dijatuhkan kepada mereka yang terbukti tidak menaati aturan yang ada, termasuk yang telah dijatuhi hukuman pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sebagai PNS seperti yang dilaksanakan pada hari ini.

Selanjutnya, dia menegaskan beberapa hal, yakni diharapkan apel Kerja semakin memperkuat motivasi serta "performance" dan kinerja dalam bingkai etika birokrasi yang santun dan luwes.

"Kita kembali merevitalisasi Gerakan Peningkatan Displin, secara khusus dalam pelaksanaan apel pagi di setiap SKPD. Perlu ditegaskan bahwa gerakan ini berlaku bagi setiap aparatur birokrasi, dan para Kepala SKPD agar menjadi contoh," katanya.

Saat ini sudah berada di triwulan ketiga Tahun Anggaran 2015. "Tim mempersiapkan APBD Perubahan 2015 dan kita masih dihadapkan dengan keterbatasan anggaran dalam rangka mewujudkan berbagai harapan untuk mengubah wajah Minahasa tercinta ini," katanya.

Semua harus optimistis bahwa sekecil apapun perubahan yang dibuat dengan mengoptimalkan ketersediaan anggaran secara proporsional, akan tetap memberi makna dan perjalanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Mencermati kondisi alam yang sedang terjadi saat ini, katanya, dengan iklim panas dan tiupan angin kencang, dia minta semua untuk tetap waspada dengan situasi dan kondisi iklim ini, termasuk dengan terjadinya bencana kebakaran yang terjadi di beberapa tempat waktu lalu.

Bupati juga mengajak untuk membangun komunikasi antarsesama warga masyarakat agar bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan dan pulang terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita semua.

"Demikian halnya dengan kebersihan dan keindahan lingkungan di sekitar kita, baik di tempat kerja maupun di tempat tinggal kita, jadilah pelopor dalam menjaga dan melestarikan kebersihan dan keindahan lingkungan kita semua" ungkap bupati .

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024