Makassar (ANTARA Sulsel) - Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Sulawesi Selatan berencana memanggil sekitar 20 pemain untuk mengikuti seleksi menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Kodam VII/Wirabuana seusai lebaran.

Ketua Umum AFD Sulsel, Wahyu Permana Kaharuddin di Makassar, Selasa, mengatakan jumlah peserta memang akan dibatasi karena jumlah yang diambil juga hanya sebanyak 14 pemain berdasarkan keputusan dari pihak PB PON.

"Informasinya setiap tim hanya diperkuat 14 pemain. Jika demikian maka kita batasi peserta seleksi antara 18 hingga 20 pemain. Kita terpaksa membatasi karena takut banyak yang merasa kecewa," katanya.

Untuk para pemain yang akan dipanggil mengikuti seleksi, tentunya para pemain yang selama ini dinilai mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya saat memperkuat timnya di kejuaraan daerah, regional hingga Liga Futsal Indonesia.

Pihaknya juga telah berkomitmen hanya mengakomodir atlet yang memang memiliki kemampuan dan mampu mengangkat penampilan tim saat tampil di pra-PON.

Ia menjelaskan, untuk usia pemain yang dipersyaratkan bisa mengikuti pra-PON yang direncanakan Agustus 2015 itu sendiri minimal kelahiran 1993. Pihaknya juga tidak khawatir karena memiliki banyak atlett binaan yang masih berusia muda.

"Kami memiliki banyak atlet binaan usia muda yang punya potensi. Namun siapa saja yang akan kita rekrut memperkuat tim Sulsel, tentu hal itu berdasarkan kemampuan dan skill setiap pemain," ujarnya.

Mengenai peluang Sulsel meraih tiket tampil di PON XIX Jawa Barat 2016, dirinya mengaku cukup optimistis. Perkembangan dan peningkatan kualitas atlet Sulsel yang terus mengalami kemajuan diharapkan semakin menjaga peluang lolos.

Pihaknya juga akan segera menjalankan program latihan secara terpadu setelah proses seleksi berakhir. Persiapan yang maksimal tentu diharapkan semakin meningkatkan potensi atlet untuk bersaing dengan tim lawan di babak kualifikasi.

"Kami kembali menyampaikan jika seleksi ini memang terbatas karena takut banyak yang kecewa setelah tidak diakomodir masuk tim pra-PON. Kami juga berkomitmen hanya merekrut atlet yang memamg memiliki potensi mengangkat prestasi tim," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024