Bantaeng (ANTARA Sulsel) - Posko Mudik Lebaran di halaman Brigade Siaga Bencana (BSB) Bantaeng memberi layanan kesehatan gratis untuk mengantisipasi dan meminimalisir kecelakaan akibat faktor resiko kesehatan dan faktor kelelahan sopir.

Kegiatan atas kerja sama terpadu antara BSB, Dinas Kesehatan, Kepolisian, Dinas Perhubungan dan Infokom, Poliklinik Kesehatan (Polkes) TNI dan Polri serta Satuan Polisi Pamong Prama (Pol PP) berlangsung Senin (13/7).

Koordinator Umum Brigade Siaga Bencana (BSB) Kabupaten Bantaeng dr Andi Ikhsan di Bantaeng, Minggu, mengatakan layanan kesehatan gratis ini disasarkan kepada para sopir angkutan antarkota.

"Para sopir kami periksa tekanan darah, urine dan kemungkinan penggunaan alkohol dan narkotika, namun dari 100-an yang diperiksa, terbanyak hanya menderita kelelahan," ujarnya.

Pengemudi antarkota yang menderita kelelahan diberi vitamin, sedang yang menderita tekanan darah, juga diberi obat yang sesuai, tambahknya.

Tentang kemungkinan adanya sopir menggunakan narkoba atau alkohol dalam menjalankan kendaraannya, dr Andi Ikhsan mengatakan tidak ada.

Setelah pemeriksaan sebelum Lebaran itu, Posko akan membali melakukan pemeriksaan Rabu/Kamis untuk mengantisipasi arus mudik, katanya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024