Mamuju (ANTARA Sulbar) - Arus balik Lebaran pada jalur trans-Sulawesi bagian barat atau mengarah ke utara Kabupaten Mamuju ibukota Provinsi Sulawesi Barat, masih padat hingga malam hari.

Berdasarkan hasil pantauan di Mamuju, Selasa, volume kendaraan roda dua dan roda empat sangat padat, umumnya yang mengarah ke utara atau ke kota Mamuju pada H+4 Idul Fitri.

Tak pelak, kendaraan roda empat dan dua yang kian padat mengakibatkan pengguna kendaraan harus menahan laju kendaraan mereka menuju tempat tujuan.

"Biasanya perjalanan kendaraan roda empat dari kabupaten Majene ke Mamuju hanya menghabiskan jarak tempuh sekitar tiga jam. Tetapi kali ini, kita harus bersabar hingga lima jam lebih. Hal ini akibat beberapa ruas jalan terjadi kemacetan," kata Idil salah seorang pengguna kendaraan roda empat yang melakukan perjalanan balik dari Kabupaten Majene ke Mamuju.

Idil mengatakan, kepadatan kendaraan yang melintas di jalur trans Sulawesi bagian barat padat lantaran masa liburan akan segera berakhir.

"Puncak arus balik terjadi sore hingga malam ini. Hal itu karena masa liburan panjang lebaran telah berakhir," terang Idil yang juga PNS lingkup pemprov Sulbar.

Hal senada dikatakan, Amaluddin yang juga pengguna kendaraan roda dua yang melaksanakan perjalanan balik dari kota Majene menuju kota Palu, Sulawesi Tengah.

"Hari ini kami memilih melakukan perjalanan balik, karena esok hari akan kembali beraktivitas. Kami tak bisa menambah masa liburan karena akan mendapatkan teguran dari pimpinan," kata Amalauddin.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024