Makassar (ANTARA Sulsel) - Kakak Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo, Tenri Olle Yasin Limpo akhirnya memastikan untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sebagai bakal calon kepala daerah setempat setelah mencukupkan partai pengusungnya.

"Alhamdulillah, rekomendasi usungan koalisi sejumlah parpol sudah ada di tangan dan segera kita akan mendaftarkan diri ke KPU," kata Tenri Olle di Makassar, Minggu.

Diketahui, partai politik pengusung dimaksud yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang memiliki tiga kursi dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) enam kursi.

Dengan adanya dua gabungan parpol tersebut, dipastikan Tenri mencukupkan syarat usungan sesuai dengan Undang Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada yang harus memiliki 20 persen kursi di parlemen.

Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulsel Muhammad Aras yang dikonfirmasi menyatakan bahwa berdasarkan hasil rapat pleno di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang berjalan alot dukungan PPP dialihkan ke Tenri Olle Yasin Limpo.

Itu setelah Ketua DPP PPP Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Indonesia Timur, Amir Uskara batal maju karena tetap ingin mengabdi kepada masyarakat melalui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Kami sama halnya dengan Partai NasDem yang mengalihkan dukungan ke ibu Tenri Olle setelah Pak Amir menyatakan batal maju di Pilkada. Pasangannya tetap Hairil Muin," terangnya.

Aras melanjutkan, di Pilkada Sulsel hanya tiga kabupaten saja yang belum keluar rekomendasinya. Yakni Kabupaten Pangkep, Luwu Timur, dan Luwu Utara. Sedangkan Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara kosong pendaftar.

Berikut nama calon bupati dan wakil bupati yang diusung oleh PPP. Pasangan Tenri Olle Yasin Limpo-Khaeril Muin (Gowa), Askar HL-Nawawi Burhan (Bulukumba).

Sedangkan di Kabupaten Kepulauan Selayar ada Basli Ali-Zainuddin, Husain Rasul-Sudirman (Maros), Idris Syukur-Suardi Saleh (Barru), dan Kaswadi Razak-Supriansyah (Soppeng).

Terpisah, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) juga mengganti pasangan calon usungannya di Kabupaten Gowa. Jika sebelumnya mengusung pasangan Amir Uskara-Hairul Muin, kini partai bentukan Surya Paloh itu mengalihkan ke Tenri Olle Yasin Limpo.

"Kami mencoret nama Amir Uskara dari calon usungan setelah dia menyatakan batal bertarung di Pilkada Gowa. Kami pun mengalihkan dukungan ke Tenri Olle asalkan mau berpasangan dengan Hairul Muin," tegas juru bicara Partai NasDem Sulsel, Rudianto Lallo.

Anggota DPRD Kota Makassar ini menambahkan, selain di Gowa partainya juga sudah mengeluarkan surat keputusan dukungan kepada pasangan calon Thoriq Husler-Irwan Bahri Syam di Luwu Timur.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024