Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 11 pasang bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Rabu, mengikuti tes kejiwaan selama dua jam di Private Care Center (PCC) Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sulawesi Selatan.

"Sekitar dua jam tes kejiwaan saya ikuti dengan dicecar ratusan pertanyaan seputar kehidupan pribadi, pengalaman hidup dan lainnya," ujar Kandidat Bupati Maros Husain Rasul kepada wartawan di sela pemeriksaan, Rabu.

Ia menyebutkan selain tes kejiwaan yang membutuhkan konsentrasi dan daya ingat, tes tertulis juga diberikan dengan jawaban lebih dari 500 pertanyaan.

"Ada 100 pertanyaan yang saya jawab dari tes kejiwaan dan tes tertulis hampir semua saya jawab dan rata-rata pertanyaannya hampir sama dan harus di konsentrasi menjawabnya," bebernya.

Sementara kandidat lainnya Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo menyatakan hal yang sama mengikuti tes dengan durasi paling lama dua jam.

"Hampir dua jam pemeriksaan kejiwaan dan untuk tes psykotes ada ratusan pertanyaan yang mesti dijawab, tapi saya mengupayakan menjawab semuanya," ujarnya.

Sementara koordinator penanggungjawab pemeriksaan kesehatan kandidat Dr dr Siswanto Wahab disela pemeriksaan mengatakan untuk durasi seluruh pemeriksaan kesehatan diperkirakan 8-10 jam tergantung banyaknya kandidat.

"Saya tidak bisa menyebutkan berapa jam yang digunakan satu kandidat saat mengikuti tes. Tetapi diperkirakan ada delapan jam secara keseluruhan pada tes ini," katanya.

Kendati pemeriksaan kesehatan hari pertama ini molor satu jam namun ke depan pada hari selanjutnya akan dimulai lebih awal yakni 07.00-17.00 WITA. Pemeriksaan dimulai 29 Juli sampai 1 Agustus 2015

"Memang hari ini molor karena masalah registrasi, tetap besok kita mulai lebih awal dari kemarin mengingat waktu yang diberikan sangat sempit dengan banyaknya kandidat," katanya.

Selain itu, dalam pemeriksaan kesehatan tersebut sebanyak 60 dokter ahli dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel diturunkan dalam proses tes.

Kandidat yang mengikuti tes hari pertama yakni Kabupaten Gowa yakni pasangan Adnan-Karaeng Kio (Independen plus), Pasangan Tenri Olle- Khairil Muin, pasangan Maddusila-Wahyu Permana, dan pasangan Djamaluddin Maknun-Maskur (Independen)

Sedangkan Maros yakni pasangan incumbent Hatta Rahman-Harmil Mattotorang, pasangan Husain Rasul-Sudirman, dan pasangan Muh Imran Juyuf-Said

Pangkep, seperti pasangan Syamudin A Hamid-Syahban Sammana, pasangan Rahman Asegaf-Kamrusamad, pasangan Nur Ahmad As-Absul (Independen), dan pasangan Sangkala Taipe-Andi Ali Gaffar Patappe.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024