Makassar (ANTARA Sulsel) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Sulawesi Selatan tidak mempermasalahkan sikap Ketua DPC Gerindra Gowa Darmawangsyah Muin yang mendukung pasangan calon lain di pemilihan kepala daerah setempat.

"Sikap Partai Gerindra itu jelas mendukung siapa di pilkada. Gerindra sudah menetapkan arah dukungannya dan itu hanya untuk pasangan Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Kr Kio," ujar Ketua Desk Pilkada Partai Gerindra Sulsel Idris Manggabarani di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, semua pengurus dan kader Gerindra sudah mengetahui siapa saja yang diberikan rekomendasi usungan pada pemilihan kepala daerah di 11 kabupaten ini.

Sedangkan jika ada kader yang mendukung calon lain di luar dari yang ditetapkan oleh partai, maka itu disebutnya hanyalah dukungan pribadi dan tidak mewakili partai.

"Itu sikap pribadi Darmawangsyah, tidak ada masalah. Pastinya partai konsisten mendukung pasangan Adnan Purictha Ichsan Yasin Limpo-Abdul Rauf Karaeng Kio," tegasnya.

Diketahui, Darmawagnsyah Muin yang tidak lain adalah Legislator DPRD Sulsel itu memberikan dukungannya kepada pasangan calon kandidat lainnya yakni Tenri Olle Yasin Limpo-Khairul Muin.

Menurut Idris, semua pihak harus membedakan posisi seseorang. Misalnya antara pribadi dan jabatannya, baik itu di DPRD Sulsel terlebih di partai politik.

Khusus Darmawangsyah yang tidak lain merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Gowa, menurut sepengetahuan Idris, hubungannya dengan Tenri Olle sangat erat.

Baik itu saat berada di Kabupaten Gowa maupun menjalankan tugas di DPRD Sulsel. Bahkan, lanjut Idris, selama ini pergaulan Darmawangsyah dengan Tenri Olle sangat dekat ketimbang Adnan meski sama-sama anggota DPRD Sulsel.

"Jauh hari sebelum momen Pilkada, keduanya memang sangat dekat. Jadi bukan masalah bagi Gerindra kalau Darmawangsyah mendukung Tenri," sebutnya.

Dalam Pilkada Kabupaten Gowa ini, Partai Gerindra mengarahkan dukungan kepada pasangan Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo-Abdul Rauf Karaeng Kio.

Adnan sendiri yang dikonfirmasi tidak mempermasalahkan sikap Darmawangsyah. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada Gerindra soal keputusan Dharmawangsyah yang mendukung pasangan lain.

"Kami serahkan ke partainya karena sudah punya aturan tentang kader yang mbalelo. Terpenting rekomendasi Gerindra untuk pasangan A-Kio," sebut Adnan, anak dari Bupati Gowa dua periode Ichsan Yasin Limpo.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024