Gorontalo (ANTARA Sulsel) - Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember 2015 untuk tiga daerah di Provinsi Gorontalo diikuti 14 pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Bone Bolango Darwis Hasan di Gorontalo, Jumat, mengatakan untuk Kabupaten Gorontalo diikuti lima pasangan masing-masing dua dari calon perseorangan (Independen) dan tiga lainnya calon yang diusung partai politik.

Sedangkan di Kabupaten Bone Bolango dikuti enam pasangan yakni dua dari perseorang dan empat dari partai pilitik dan untuk Kabupaten Pohuwato diikuti tiga pasangan yakni satu dari calon perseorangan dan dua pasangan diusung partai politik.

Darwis Hasan mengatakan saat ini para kandidat yang akan ikut Pilkada sedang menjalani tahapan untuk pemeriksaan kesehatan.

Ketua KPUD Kabupaten Gorontalo Hendri Imran mengatakan bahwa di daerah tersebut Pilkada akan diikuti 5 pasangan masing-masing dua dari calon perseorangan dan tiga diusung partai politik.

Dia mengungkapkan, saat ini seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan ikut pada Pilkada hari ini Jumat (31/7) sedang melaksanakan tes kesehatan dan pada 1 Agustus 2015 nanti dilanjutkan dengan tes Rohani sedangn 2/9 untuk tes jasmani.

Sementara itu Ketua KPUD Kabupaten Pohuwato Mirnawaty Modanggu mengatakan untuk pilkada di daerah tersebut hanya diikuti tiga pasangan yakni satu dari perseorangan dan dua merupakan calon yang diusung partai politik.

Dia menjelaskan, saat ini sedang dilaksanakan tes kesehatan baik untuk calon bupati maupun wakil bupati, serta KPUD Pohuwato sedang meneliti kelengkapan berkas yang dijadwalkan hingga tanggal 3 Agustus 2015 nanti.

"Pada tanggal tersebut pihak KPUD Pohuwato akan menyampaikan kepada calon jika terdapat berkas yang kurang untuk segera dilengkapi," Kata Mirnawaty. 

Pewarta : MF Said
Editor :
Copyright © ANTARA 2024