Makassar (ANTARA Sulsel) - Atlet Sulawesi Selatan Riska Saputra berhasil lolos kebabak semi final pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SMP di Lintasan Lari KOR Sudiang Makassar, Sulsel, 2-8 Agustus 2015.

Palatih Atletik Sulsel, Danil Lius di Makassar, Selasa, mengatakan atlet asal Kabupaten Sinjai itu lolos di nomor lari 100 meter putri. Riska merupakan satu-satunya wakil Sulsel yang berhasil melaju kebabak berikutnya pada hari pertama O2SN.

"Dari tiga atlet yang turun pada hari ini, hanya Riska yang berhasil lolos pada semi final besok (Rabu). Mudah-mudahan pada pertandingan nanti bisa kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya" jelasnya.

Selain Riska, dua wakil Sulsel yang juga berlaga di hari pertama pelaksanaan O2SN ini yakni Yetri Mambo asal Kabupaten Luwu Utara (lompat jauh) dan Prawiranto yang tampil di nomor lari 100 meter putra.

Keduanya gagal mengimbangi kualitas lawan-lawannya yang memang tampil mendominasi pada babak penyisihan.

"Kami masih memiliki beberapa atlet yang akan turun dibeberapa nomor dan tingkat pendidikan. Kami tentu berharap hasil yang lebih baik bisa kita dapatkan pada pertandingan nanti," kata Danil yang juga ditunjuk sebagai panitia pertandingan tersebut.

Khusus pelaksanaan cabang atletik, lanjut dia, setiap daerah masing-masing akan diperkuat 12 atlet yang terdiri dua putra dan putri (SD), SMP (dua putri dan putri) dan tingkat SMU yang juga akan diperkuat empat atlet.

"Khusus untuk tingkat SMA baru akan dimulai besok. Peluang atlet Sulsel pada laga nanti dinilai masih terbuka meski bukan hal yang mudah,"ujarnya.

Pelaksanaan O2SN di Makassar, 2-8 Agustus 2015 itu diikuti sebanyak 7.327 peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Jumlah peserta itu terdiri dari 4.037 atlet atau siswa dan sisanya merupakan para pendamping, pembina, juri/wasit, asisten juri/wasit, panitia pusat dan daerah

Untuk atlet sebanyak 4.037 berasal dari berbagai pendidikan dan sekolah mulai dari tingkat SD/SDLB SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK itu akan saling bersaing menjadi yang terbaik pada 13 cabang olahraga yang dipertandingan.

13 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni catur, atletik, bulu tangkis, tenis meja, senam, renang, karate, pencak silat, bola voli mini, futsal, balap kursi roda, serta olahraga tradisional bocce.

Untuk pertandingannya sendiri dilaksanakan di sejumlah lokasi diantaranya KOR dan GOR Sudiang, GOR Bosowa, Stadion Mattoanging, Kolam Renang Mattaonnging, GOR Telkom, SMANKO Sudiang, Universitas Negeri Makassar, Universitas Hasanuddin, serta beberapa hotel yang ada di Makassar.

Pewarta : Abd Kaddir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024