Makassar (ANTARA Sulsel) - Toraja Internasional Festival (TIF) di tahun ketiga kembali di gelar di Rantepao Kabupaten Toraja Utara, 13-16 Agustus dengan menampilkan kesenian Toraja mengangkat tema "Mabugi" sebagai inti dari rangkaian kegiatan tersebut.

"Mabugi adalah sebuah rangkaian tarian dan nyanyian kolosal di kemas dalam bentuk teaterikal yang sangat unik. Mabugi hanya terdapat di wilayah Rantepao. Tarian-nyanyian ini nantinya akan tampil sebagai bagian yang penting dalam acara nanti," ujar Director TIF Franki Raden melalui Marcom Manager TIF Prity Saraswati di Makassar, Kamis.

Menurut dia Mabugi akan ditampilkan pada pembukaan kolosal TIF yang berjudul "Toraja Symphony". Selain Mabugi, TIF akan menampilkan Karombi, Manganda, Menimbong, Pageludan Pompang, serta grup musik non-tradisional Toraja seperti Toraja Choir dan Tibaen Ballo.

"Sesuai dengan namanya, TIF adalah sebuah festival internasional yang bertujuan untuk membawa berbagai grup dan bentuk kesenian dunia datang ke Tanah Sakral Toraja," katanya.

Pihaknya berharap, suatu saat Tanah Sakral tersebut dapat menjadi ikon dari pertemuan budaya segala bangsa di dunia sebagaimana halnya dengan Indonesia sendiri. Jika tujuan ini dapat tercapai, lanjutnya, maka jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dapat dipastikan akan melonjak drastis setiap tahunnya.

Selain itu, TIF 2015 telah mendatangkan para peserta luar negeri dari negara-negara seperti Spanyol yakni Gotrasawala Ensemble dan Ana Alcaide, Belanda yakni BoiAkih, Australia ada Ron Reeves, Hongaria ada Helga Sedli, dan Uzbekistan yakni YzbegimYoshlari.

Sementara dari Ibukota TIF membawa sebuah grup anak muda Jakarta yang sudah melanglang buana seperti "Konokini" yang menjadi perhatian media melalui Eco Music Camp yang diselenggarakan di Taman Buah Mekarsari, Bogor.

"Dengan memboyong grup musik ternama dari dalam dan luar negeri, TIF diyakini akan semakin menjadi pusat perhatian dunia dan media massa," harapnya.

Selain pertunjukkan kesenian lainnya, TIF juga memiliki program menarik lain seperti Wisata Tenunan Toraja atau Sa`adan pada 13 Agustus, Pameran Kerajinan Toraja Kete Kesu, 14-16 Agustus, Pesta Makanan dan Pojok Kopi Toraja 13-16 Agustus 2015.

"Program yang sangat beragam ini diharapkan akan membuat para pengunjung TIF mendapatkan sebuah kenangan dan pengalaman yang sangat berkesan selama empat hari mengunjungi Tanah Toraja," tambahnya.

Sebelumnya, dari dua tahun penyelenggaraan TIF, terjadi peningkatan mutu dan penonton yang luar biasa. Pada 2014 penonton TIF mencapai lebih dari 5.000 orang per hari.

TIF juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar, terbukti sejumlah pedagang meraup untung hingga jutaan rupiah saat penyelenggataan festival tersebut.

TIF telah menjadi sebuah festival budaya yang di tunggu tunggu masyarakat dalam maupun luar negeri. Toraja sendiri merupakan salah satu wadah festival yang paling menarik di dunia.

Budaya megalitik Toraja adalah sebuah warisan peradaban dunia yang sangat berharga. Sebab itulah TIF selalu berusaha menampilkan dan menggali segala jenis kesenian Toraja yang telah hidup selama ratusan tahun.

Pada 2014 TIF mengangkat tema Mabua, yakni sebuah bentuk ritual yang menempatkan posisi wanita dalam peringkat spiritual yang tertinggi, dan tahun ini mengangkat tema Mabugi.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024