Makassar (ANTARA Sulsel) - Komunitas sepeda ontel dan barongsai mewarnai kemeriahan pawai yang digelar BUMN yang mengusung tema "BUMN Hadir untuk Negeri".

"Ini merupakan rangkaian kegiatan BUMN di Sulsel dengan menghadirkan nuansa dan suasana menarik dalam memeriahkan HUT ke-70 Republik Indonesia," kata Direktur Komersial Bank BRI Donsuwan Simatupang pada pelepasan pawai di kawasan Benteng Rotterdam, Makassar, Senin.

Komunitas sepeda ontel menyedot perhatian warga yang menyaksikan pawai itu, karena pengendaranya juga mengenakan konstum layaknya zaman perjuangan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Salah seorang kolektor sepeda ontel Syamsul mengatakan, untuk melengkapi pernak-pernik sepedanya seperti selongsong peluru, telepon engkol, pistol dan granat dibutuhkan waktu sekitar dua bulan.

"Alhamdulillah, saya senang melestarikan peninggalan sejarah yang sebagian saya peroleh dari mertua," katanya.

Sedang komunitas barongsai juga turut memeriahkan pawai yang melewati jalur Jalan Somba Opu, Pattimura, Kenari dan berakhir di anjungan Pantai Losari itu, atraksinya yang lincah menjadi hiburan bagi warga Kota Makassar.

Sementara itu, Donsuwan mengatakan, dalam memperingati HUT ke-70 RI BUMN berpartisipasi dengan menggelar berbagai kegiatan diantaranya lomba jalan sehat, pawai, pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian paket sembako dan rehabilitasi 45 unit rumah milik legiun veteran di Sulsel.

Kegiatan BUMN yang dilakukan secara serentak di 34 provinsi di Indonesia, khusus di Sulsel yang menjadi koordinator pelaksana kegiatan adalah PT BRI, PT KIMA, PTPN V dan PT Semen Baturaja.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024