Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Palopo siap menggelar kejuaraan daerah se-Sulawesi Selatan pada 3-6 September 2015.

"FPTI Palopo berencana menggelar kejurda se-Sulsel pada September 2015. Kegiatan ini tentu bisa menjadi ajang uji coba atlet Pra-PON Sulsel sebelum tampil di babak kualifikasi," jelas Pengurus FPTI Sulsel, Kamla di Makassar, Kamis.

Untuk kategori yang dipertandingkan di kejurda 2015 terdiri dari nomor lead, speed dan boulder untuk segala usia mulai dari kelas kids spider, junior hingga senior. Kejuaraan ini direncanakan diikuti ratusan peserta dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.

"Kejuaraan ini tentu menjadi kesempatan bagi atlet daerah untuk menunjukkan hasil latihannya selama ini," katanya.

Sementara itu Pelatih Panjat Tebing Sulsel, Bayu Arjuna Sakti, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan tiga atlet menghadapi kejuaraan nasional panjat tebing senior di Jakarta, 27-30 Agustus 2015.

Ketiga atlet itu akan tampil di dua kategori lompa masing-masing Hermawan (speed), Iccang (lead) dan Gilang Ali yang juga turun di nomor laed. Atlet tersebut juga sudah berada di Jakarta setelah mengikuti kejurnas Eiger di Bandung, Jawa Barat.

"Kami tentu berharap dengan lebih awal tiba di Jakarta akan membuat atlet bisa lebih fokus meningkatkan kualitasnya. Apalagi di Jakarta memang memiliki sarana dan prasarana yang layak sehingga cocok untuk berlatih," ujarnya.

Mengenai peluang ketiga atlet meraih hasil maksimal, dirinya mengaku optimisis. Apalagi ketiga atlet khususnya Hermawan memiliki banyak pengalaman dan prestasi baik di tingkat nasional hingga internasional.

Pengalaman dan kualitas yang teruji diharapkan bisa membantu seluruh atlet untuk dapat meraih hasil maksimal. Pihaknya juga tetap memberikan kewasadaan tehadap beberapa daerah yang selama ini cukup mendominasi seperti Jawa Timur.

"Soal peluang tentunya kita optimistis karena ketiga atlet memiliki pengalaman dan potensi. Kami juga berharap dengan lebih awal tiba di Jakarta semakin memaksimalkan persiapan dan menjaga peluang berprestasi," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024