Makassar (ANTARA Sulsel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar baru akan menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati, Aji Sumarno-Abdul Gani pada Sabtu, 29 Agustus 2015.

"Insya Allah besok, kami tetapkan pasangan ini (Aji Sumarno-Abdul Gani) sebagai calon kepala daerah. Dengan begitu calon kepala daerah ada tiga pasang," ujar Ketua KPU Selayar, Hasiruddin yang dikonfirmasi, Jumat.

Penetapan Aji Sumarno-Abdul Gani sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Selayar ini setelah gugatannya diterima oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

Gugatan yang dilayangkan pasangan Aji Sumarno-Abdul Gani terhadap keputusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Selayar diterima oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Selayar dan dengan diterima gugatan itu, KPUD Selayar harus memfasilitasi proses tahapan pilkada yang harus dilalui pasangan tersebut.

Abdul Kadir menilai berkas dukungan Partai kebangkitan Bangsa (PKB) kepada pasangan ini dianggap sah, jadi demikian pasangan Aji-Abdul sudah memenuhi syarat dukungan partai politik sebesar 20 persen.

"Kami sudah memutuskan menerima sebagian permohonan yang diajukan pasangan Aji-Abdul. Karena kami menganggap syarat pencalonan pasangan ini sudah memenuhi syarat. Selanjutnya KPUD Selayar harus menjalankan rekomendasi dari Panwas ini," katanya.

Sebelumnya pada rapat pleno penetapan pasangan calon pada 24 Agustus lalu, KPU Selayar hanya menetapkan dua pasang saja yakni: Syaiful Arif-Djunaedi Faisal dan Basri Ali-Zainuddin. Sementara pasangan Aji Sumarno-Abdul Gani, KPUD Selayar menunda hingga keluar putusan Panwaslu setempat.

Menurut Hasiruddin, penetapan calon pasangan Aji-Abdul hanya tertunda sementara waktu. Tapi bukan berarti rekomendasi dari Panwas tidak dilaksanakan.

"Pascasidang di Panwas, kami tidak serta merta menerima begitu saja. Kami konsultasikan dulu ke KPU-RI dan KPU Sulsel baru kita mengambil keputusan," katanya.

Selain itu, pihaknya masih melakukan verifikasi lagi terhadap berkas dokumen pencalonan pasangan tersebut. Apakah benar sudah dilakukan perbaikan atau tidak. Salah satunya penandatangan berkas dari partai pengusung.

"Setelah kami teliti, berkasnya sudah memenuhi syarat. Maka dari itu kami meminta pasangan Aji-Abdul bersabar dulu. Tetapi kami akan menetapakannya," katanya.

Hasiruddin pun menyinggung soal iklan yang terpasang di salah satu koran di Makassar. Dalam iklan itu hanya dua pasangan calon saja. Tidak termasuk pasangan Aji Sumarno-Abdul.

"Itu hanya masalah teknis saja. Begitu, pasangan Aji-Abdul resmi ditetapkan, kami pasang iklan lagi menjadi tiga pasangan calon," kata Hasiruddin.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024