Makassar (ANTARA Sulsel) - Dinas Pawisata Sulawesi Selatan mengembangkan sektor pariwisata berbasis masyarakat untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

"Kami di Sulsel membangun pariwisata yang berbasis masyarakat. Dalam hal ini, pelibatan masyarakatlah yang nomor satu, karena sejalan dengan pemberdayaan masyarakat," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Sulsel Syarifuddin Rahim di Makassar, Kamis.

Menurut dia, setiap kawasan wisata tentu membutuhkan pelibatan masyarakat, tanpa masyarakat maka akan ditemukan kendala.

Sebagai gambaran, pariwisata di Bali berkembang karena dukungan dan peran masyarakatnya. Dengan pelibatan masyarakat, maka secara langsung dapat merasakan manfaatnya dari sektor pariwisata itu.

"Sehingga kemudian, masyarakat itu akan peduli dan akan menjaga kawasan wisata tersebut dengan menjaga lingkungan, kebersihan dan keamanan yang semuanya itu bermuara pada kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Syarifuddin mengatakan, dengan menjaga tiga faktor itu, maka akan menjadi stimulan bagi wisatawan untuk berkunjung, sehingga semakin banyak wisatawan yang datang tentu akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Sebagai gambaran, pariwisata yang memiliki "multiplier effect" pada kesejahteraan masyarakat adalah pariwisata di kawasan karst (pegunungan kapur) Rammang-Rammang di Kabupaten Maros, Sulsel.

Menurut dia, dengan menjaga keorisinilan Rammang-Rammang tentu akan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan dalam dan luar negara.

Dengan dijadikan lokasi itu sebagai kawasan wisata, lanjut dia, akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitarnya.

"Dengan pelibatan masyarakat yang tinggi, desa itu bisa menjadi Kawaan Desa Wisata yang akan berdampak luas, bukan hanya masyarakat yang ada di kawasan itu, tetapi semuanya akan bergerak baik sektor transportasi dan layanan jasa lainnya.

Upaya meningkatkan sektor pariwisata yang mendukung perekonomian masyarakat ini, ungkap Syarifuddin, sudah dibahas di tingkat regional Brunei, Indonesia, Malaysia, Philipina dan East Asia Growth Area (BIMP EAGA).

"Masing-masing negara sudah berkomitmen untuk saling mendukung kerjasama sektor pariwisata yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Syarifuddin.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024