Makassar (ANTARA Sulsel) - PSM Makassar siap memaksimalkan statusnya sebagai tuan rumah untuk memaksakan kemenangan saat menghadapi Mitra Kukar pada babak delapan besar leg II di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan (26/9).

Pelatih PSM Assegaf Razak di Makassar, Jumat, mengatakan keharusan memenangkan pertandingan dengan skor minimal 2-0 untuk memuluskan langkah timnya mampu tampil di semi final memang bukan hal mudah dilakukan.

"Namun dengan status kita sebagai tuan rumah yang mendapat dukungan penuh suporter tentu membuat motivasi pemain berlipat ganda. Kami tentu sudah siap memanfaatkan keuntungan itu untuk membalikkan keadaan," jelasnya.

Tim pelatih juga akan mengistruksikan setiap pemain untuk bermain cepat dan keras seperti karakter PSM yang selama ini dikenal. Tidak memberikan kesempatan bagi lawan untuk mengembangkan permainan, menurut dia, menjadi hal yang harus dilakukan.

Selain mengandalkan dukungan penuh suporter dan kecepatan pemain, tim pelatih juga telah mencoba melakukan perubahan taktik permainan. Strategi 4-2-3-1 yang sebelumnya digunakan di pertemuan pertama ditinggalkan dan kembali ke formasi awal yakni skema 4-3-3.

Strategi dengan menyiapkan tiga penyerang untuk membongkar pertahanan tim Naga Mekes julukan Mitra Kukar memang diharapkan berjalan efektif demi mendapatkan gol cepat.

Demi mendukung strategi terbuka yang akan dimainkan, tim pelatih telah menyiapkan dua bek yang memiliki naluri menyerang dan bertahan yang baik seperti menempatkan Kurniawan Karman mengisi posisi bek kanan dan Satrio Syam di kiri.

"Kami akan menurunkan para pemain yang punya naluri menyerang karena kita harus menang besar. Kita saat ini memang tertinggal 0-1 dari lawan sehingga mau tidak mau harus keluar menyerang sejak awal pertandingan," katanya.

Adapun untuk posisi tengah PSM akan kembali mempercayakan pada Syamsul Chaeruddin, Rasyid Bakri dan Ardan Aras.

Sementara untuk lini depan tentunya akan tetap berharap banyak pada Ferdinand yang pada sesi latihan terakhir ditempatkan di sayap kanan. Adapun Muchlis Hadi Ning akan ditempatkan di tengah sementara Aditya Putra Dewa di kiri.

"Kita bersyukur seluruh pemain tidak ada yang bermasalah sehingga bisa memiliki sejumlah alternatif," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024