Makassar (ANTARA Sulsel) - Enam atlet Sulawesi Selatan berhak mengikuti agenda pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk persiapan kejuaraan internasional karate di Jakarta pada November 2015.

Pelatih Karate Sulsel, Mursalim Badoo di Makassar, Jumat, mengatakan enam atlet itu masing-masing Firdayanti, Krisda Putri, Nuriska, Nadia, Febi Ramadhan, dan Muhammad Arsal.

"Khusus dua nama terakhir yakni Febi Ramadhan dan Muhammad Arsal baru saja dinyatakan lolos dalam seleknas di Jakarta (29-30 September). Adapun empat nama lainnya memang lebh dulu lolos karena merupakan karateka best of the best Indonesia," jelasnya.

Untuk Febi Ramadhan akan tamil di kategori U-21 dan Muhammad Arsal di kategori kadet. Sementara untuk atlet lainnya akan tampil di nomor kata perorangan dan beregu putri.

Ia menjelaskan, seluruh atlet yang terpilih saat ini sudah diminta bergabung bersama puluhan atlet yang lain di Jakarta pada awal Oktober. Namun khusus atlet Sulsel memang belum bisa memenuhi panggilan karena akan mengikuti ujian di sekolahnya masing-masing.

Pelatih yang beberapa kali dipercaya menangani timnas Indonesia itu menyatakan untuk atlet Sulsel kemungkinan sudah bisa bergabung dengan atlet lainnya pada pekan depan.

"Seluruh atlet memang sudah diminta gabung 1 Oktober 2015. Namun kami meminta waktu lagi karena atlet kita akan menghadapi ujian. Kami juga mengapresiasi karena tim pelatnas memberikan toleransi bagi atlet," katanya.

Selain itu, Krisda Putri bersama Jessica Syaputri juga akan memperkuat timnas Indonesia pada kejuaraan internasional karate Jerman Terbuka, 9-10 Oktober 2015.

Keduanya berhak memperkuat timnas setelah meraih hasil maksimal pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Makassar, Agustus 2015.

"Keduanya sudah bergabung dalam pelatnas di Jakarta beberapa waktu lalu. Para juara di Popnas 2015 memang berhak tampil di kejuaraan internasional," jelasnya.

Selain dua atlet Sulsel, kata dia, timnas juga akan diperkuat beberapa atlet yang juga tampi sebagai juara di Popnas 2015 diantaranya Hero Emilio (Banten) serta Juanda Risman dari Aceh.

Mengenai peluang timnas meraih hasil maksimal, dirinya mengaku meski bukan hal mudah namun tentunya tetap terbuka. Dirinya juga meminta seluruh atlet untuk memanfaatkan waktu tersisa untuk ebih memaksimalkan kemampuan.

"Khusus dua atlet Sulsel memang memiliki banyak pengalaman dan prestasi disejumlah ajang nasional termasuk Piala Mendagri. Kami tentu berharap seluruh atlet mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024