Makassar (ANTARA Sulsel) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) diminta untuk fokus dalam menjaga Sumber Daya Alam (SDA) kelautan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, pada Upacara Peringatan HUT ke-70 TNI, yang dipusatkan di Anjungan Pantai Losari Makassar, Senin.

"TNI harus bisa menjaga sumber daya kelautan dan perikanan, serta daerah perbatasan," kata gubernur.

Syahrul mengungkapkan, pada HUT  ke-70 TNI  ini, TNI harus menggunakan momentum tersebut untuk mengingat jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, dan profesional.

"TNI harus menegaskan diri sebagai tentara rakyat, harus selalu bersama rakyat," tegasnya.

Hanya bersama rakyat, lanjutnya, TNI akan menjadi kekuatan militer yang hebat, yang diperhitungkan bangsa-bangsa lain di dunia. Sebagai pejuang, TNI harus memiliki daya juang untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Tahun ini, peringatan HUT TNI mengambil tema, "Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian".

Pada upacara peringatan HUT TNI ini, Presiden RI juga memberikan penghargaan Satya Lencana Kesetiaan kepada prajurit dari Angkatan Darat, Laut, dan Udara. Ada pula devile, beberapa atraksi yang ditampilkan para prajurit, parade kendaraan militer, dan becak hias.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024