Makassar (ANTARA Sulsel) - Ratusan pebalap nasional akan saling bersaing menjadi yang terbaik pada babak final kejuaraan nasional Motoprix di Sirkuit Puncak Mario Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan, 17-18 Oktober 2015.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi IMI Sulsel, Adifar di Makassar, Selasa, mengatakan para pebalap ini merupakan juara di region atau wilayah masing-masing seperti dari Region Jawa, Kalimantan, Sumatera, Papua-Maluku dan Sulawesi yang masuk dalam region V.

"Para juara di setiap region akan kembali bersaing untuk menjadi yang terbaik di Motoprix 2015. Dari setiap region itu sesuai regulasi akan mewakilkan sebanyak 18 pebalap yang menjadi juara disetiap kelas yang pertandingkan," katanya.

Untuk region Sulawesi sendiri, kata dia, terdapat sebanyak 18 pemenang yang dari peringkat satu hingga posisi ketiga di dari enam kelas yang dipertandingan mulai nomor pemula, seeded, dan pemula senior.

Ia menyatakan dengan kehadiran para juara ini tentu akan membuat kejuaraan semakin ketat. Ini juga penting khususnya bagi Sulsel untuk lebih memaksimalkan kemampuan sebelum berlaga di babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) November 2015.

Menurut dia, para peserta kemungkinan besar sudah mulai berdatangan pada 15 Oktober 2015 untuk mempersiapkan diri. Untuk peralatan balap seperti motor yang diberangkatkan lebih awal melalui jalur laut juga direncanakan segera tiba di pelabuhan.

Selanjutnya pihak penyelenggara akan mengangkut motor para peserta untuk dibawa ke Kabupaten Sidrap untuk digunakan pada babak final Motoprix 2015.

"Jika wakil Wilayah VI juga ikut seluruhnya maka tentu jumlahnya memang mencapai ratusan peserta. Kita tentu berharap seluruh pebalap ikut bersaing sehingga bisa mengukur kekuatan para pebaap Pra-PON Sulsel," katanya.

Khusus untuk region V Sulawesi pelaksanaannya telah berakhir seluruhnya di Sirkuit Atakkae Sengkang Kabupaten Wajo, 19-20 September 2015. Untuk region V Sulawesi ini diikuti para pebalap dari Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulsel yang tampil sebagai tuan rumah di seri terakhir.

Pebalap pra-PON Sulsel, Andi Farhat yang sudah dipastikan tampil sebagai juara pada seri sebelumnya kembali tampil maksimal di seri IX atau terakhir dengan keluar sebagai yang terbaik untuk kelas MP 2 dan MP3.

"Andi Farhat sebagai jawara di region V Sulawesi tentunya berhak tampil dibabak final motoprix 2015 di Sidrap. Kami tentu berharap para pebalap kita kembali memampu menuunjukkan kemampuan terbaiknya," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024