Makassar, (Antara) - Universitas Muhammadiyah Makassar meraih medali emas pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-28 yang dihelat di Universitas Halu Oleo, Kendari, 5 - 9 Oktober 2015.

Menurut juru bicara mahasiswa, Arman di Makassar, Rabu, satu tim dari kontingen PIMNAS Unismuh Makassar berhasil menyabet medali emas kategori poster untuk kelas PKM P1 Soshum.

Dia mengatakan PIMNAS adalah puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atas kesediaan dan kesepakatan seluruh pimpinan perguruan tinggi di Indonesia.

Ketua UKM LKIM PENA Unismuh ini mengatakan PIMNAS Ke-28 di selenggarakan di Universitas Halu Oleo, Kendari pada 05-09 Oktober 2015 dengan tema "Berinovasi dan Berkarya dalam Keberagaman untuk Kesejahteraan Berkelanjutan".

"Sebagai ajang komunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional.
PIMNAS Ke-28 ini diikuti oleh kelompok mahasiswa yang terpilih melalui jalur Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang terdiri dari 440 kelompok dari 113 perguruan tinggi di tanah air," katanya.

Dia mengatakan jumlah usulan proposal PKM tahun 2015 adalah 48.416 proposal, sementara yang berhasil lolos sampai pada ajang PIMNAS adalah 440 kelompok. Dari 440 kelompok tersebut lima diantaranya adalah kelompok dari kontingen PIMNAS Unismuh Makassar.

Kelima kelompok yang dimaksud terdiri dari satu kelompok PKM Bidang Gagasan Tertulis (PKM-GT), tiga kelompok PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-P SOSHUM) dan 1 kelompok PKM Karsa Cipta (PKM-KC).

"Semua kelompok PKM mempresentasikan karyanya dihadapan pakar yakni tiga dewan juri yang ahli dibidangnya. Setelah melewati persaingan yang luar biasa mulai dari presentase hingga pameran/ gelar produk dan poster. Maka tibalah saatnya malam penganugerahan untuk tiap-tiap kategori," kata mahasiswa Fakultas Ekonomi tersebut.

Menanggapi hal tersebut Wakil Rektor III Unismuh Makassar Drs. Samhi Muawan Djamal,M.Ag. mengatakan bahwa prestasi ini merupakan salah satu pencapaian yang baik yang mampu diraih oleh mahasiswa Unismuh Makassar, sebab dalam ajang PIMNAS ini Unismuh Makassar mampu menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang meraih medali emas khususnya diwilayah kawasan timur Indonesia.

Rektor Unismuh Makassar Dr.Irwan Akib. M.Pd menambahkan bahwa disamping mewakili Indonesia Timur Unismuh Makassar juga mampu mewakili perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia dan tentunya hal ini patut diapresiasi.


Pewarta :
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024