Mamuju (ANTARA Sulsel) - Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS) melahirkan beberapa kesepakatan penting dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di wilayah pulau Sulawesi.

"Hal yang pasti ada enam poin yang kita sepekati bersama para gubernur se- Sulawesi dalam pertemuan Regional Celebes Infrastructur Forum yang diselenggarakan di Mamuju," kata Ketua Dewan Pembina BKPRS, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Rabu.

Menurut Anwar, enam poin penting yang dimaksud berupa rekomendasi yang telah menjadi kesepakatan bersama pemerintah provinsi se-Sulawesi dalam mendukung percepatan pembangunan infrastruktur Sulawesi menuju kualitas pertumbuhan ekonomi nasional.

Rekomendasi ini ditandatangani langsung oleh Haikal Hasan (plt. Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Provinsi Sulawesi Selatan), Syaifullah Djafar (Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Sulawesi Tengah), Abu Bakar (Kepala Seksi Perencanaan Teknis Dinas PU Provinsi Sulawesi Tenggara), Wahyuddin Katili (Kepala Biro P2E Setda Provinsi Gorontalo), dan Haeruddin Anas (Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Barat).

Penandatanganan rekomendasi ini juga dilakukan Ketua Dewan Pembina BKPRS Anwar Adnan Saleh dan Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Luky Eko Haryanto.

"Meski gubernur dari provinsi lain tidak sempat hadir bersama-sama kita, tapi saya sudah memberitahukan kepada beliau-beliau ini melalui telefon dan sepakat menyetujui rekomendasi ini. Saya akan sampaikan hasil forum ini kepada Ketua Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia dan akan turut disampaikan kepada presiden dalam pertemuan gubernur se-Indonesia mendatang," ujar gubernur Sulbar dua periode ini.

Enam poin penting yang dihasilkan diantaranya merekomendasikan pendirian sekolah penerbangan di Mamuju untuk kepentingan pembangunan kawasan dan investasi, mendukung strategi percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah Sulawesi menuju kulitas pertumbuhan ekonomi nasional, mendukung sinergitas pertumbuhan ekonomi antar wilayah di Sulawesi melalui percepatan pembangunan infrastruktur.

Kemudian, kata dia, merekomendasikan komitmen pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Sulawesi, mendukung pelaksanaan Celebes Infrastructur Forum secara berkala minimal satu kali dalam setahun untuk mengetahui perkembangan infrastruktur di Sulawesi dan terakhir tempat pelaksanaan pertemuan ditetapkan sesuai kesepakatan bersama. 

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024