Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menyatakan pencegahan dari penyebaran epidemi virus HIV/AIDS mesti dilakukan dari hulu sampai ke hilir.

"Untuk mencegah agar epidemi ini tidak berkembang ke arah yang lebih buruk maka harus dilakukan upaya pencegahan dari hulu ke hilir yang dilaksanakan secara terus menerus dan bersinergi dengan berbagai pihak," katanya usai menutup Pernas AIDS V di Hotel Sahid Makassar, Kamis.

Menurut dia, upaya hulu dapat dilakukan dengan memberi pembekalan cukup kepada masyarakat mengenai pendidikan moral, agama, mengenai kesehatan reproduksi, pergauluan seks bebas serta pengetahuan mengenai bahaya penggunaan Napza, Narkoba dan obat terlarang lainnya.

Sementara untuk pencegahan di hilir yakni bagi mereka yang belum beresiko diperlukan upaya pada peningkatan populasi yang tetap melakukan perilaku beresiko.

Upaya ini kata Danny disapa akrab itu, adalah memperhatikan jalur-jalur transmisinya seperti transmisi seksual, transmisi melalui alat jarum suntik pada pengguna narkotika serta napza dan transmisi melalui penularan dari ibu kepada anaknya.

Kendati ada upaya pencegahan penyakit tersebut, namun yang paling penting adalah dibutuhkan komitmen pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupatendan kota untuk mendukung penyediaan berbagai sumber daya seperti ketersediaan tenaga dan pembiayaan kegiatan.

"Kalau Kota Makassar saya sepakat dengan tema kegiatan ini karena saatnya semua bertindak, sebab sistem kita sudah seharusnya semua bertindak, "ujarnya meneegaskan.

Hadir dalam kegiatan itu Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) Kemal Siregar, Sekretaris KPA Provinsi Sulsel Saleh Rajab, dan Ketua Komite Ilmiah Pernas AIDS V Prof Budi dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024