Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim renang Sulawesi Selatan mematangkan kemampuan enam atlet untuk bersaing pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional cabang renang lintas perairan terbuka di Indramayu, Jawa Barat, 23-28 November 2015.

Pelatih Renang Sulsel Nadwi di Makassar, Rabu, mengatakan enam atlet itu adalah Muhammad Alamsyah, Reskyanto, Al Adrian, Mustafa, Siti Nurhaliza, serta Wandi Agustian.

"Kami berharap seluruh atlet mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya demi merebut tiket ke PON 2016. Kami juga tetap optimistis bisa bersaing karena atlet tersebut memiliki potensi untuk itu," katanya.

Khusus Muhammad Alamsyah yang sudah memastikan diri tampil di PON untuk cabang renang kolam, dirinya mengaku tidak ada persoalan untuk bisa tampil di renang perairan terbuka.

Atletnya tersebut juga tidak melanggar aturan sehingga bisa turun pada dua cabang berbeda yakni renang kolam dan perairan bebas. Apalagi induk cabang olharga itu tetap satu yakni Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

"Muhammad Alamsyah tidak ada masalah untuk diturunkan. Kami juga meminta seluruh atlet terus meningkatkan kemampuan khususnya stamina karena renang perairan terbuka ini memang membutuhkan kondisi yang prima," katanya.

Untuk Pra-PON renang lintas perairan terbuka itu, kata dia, akan mempertandingkan tiga nomor lomba masing-masing nomor 3.000 meter putra-putri, 5.000 meter putra-putri serta nomor bergengsi 10.000 meter putra dan putri.

Tim renang Sulsel rencananya juga mengikuti seluruh nomor yang akan dipertandingan. Pihaknya juga berharap bisa meloloskan seluruh atlet yang akan diturunkan pada babak kualifikasi tersebut.

Ia menjelaskan, berdasarkan aturan PB PON maka setiap atlet yang turun bisa mengikuti dua nomor lomba. Artinya peluang untuk lolos ke PON cukup terbuka lebar dan inilah yang akan dimaksimalkan tim Sulsel kedepan.

"Kita akan mengikutii seluruh kelas yang dipertandingkan. Kami juga terus fokus memaksimalkan waktu tersisa untuk memaksimalkan kemampuan dan daya tahan seluruh atlet demi menjaga peluang meraih hasil maksimal," ujarnya,

Mengenai kualitas lawan di nomor renang perairan terbuka, dirinya memilih mewaspadai seluruh tim. Pihaknya juga yakin siapa yang melakukan persiapan maksimal khususnya terhadap kondisi fisik atlet maka tentu berpeluang merebut tiket PON XIX 2016 di Jawa Barat.

"Stamina memang menjadi hal penting dalam renang perairan terbuka. Kami tentu berharap seluruh atlet bisa membuktikan kualitasnya," katanya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024