Makassar (ANTARA Sulsel) - Sembilan pesilat Sulawesi Selatan menembus babak semifinal setelah mengalahkan lawan-lawannya pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional Wilayah III di Gorontalo, 24-30 November 2015.

Pelatih Silat Sulsel Muhammad Arham saat dihubungi dari Makassar, Jumat, mengatakan sembilan atlet yang tetap menjaga peluang lolos PON 2016 itu yakni waluddin (kelas A), Johan (kelas B), Hamuddin (kelas C), Saiful (kelas D), Baso Ridwanto (kelas E), Ahmad Sidiq yang turun di kelas F putra.

Untuk putri yakni Faizawati Rahdar (kelas C), Purnama Sari (kelas E) serta Suryani yang diturunkan di kelas F putri.

"Alhamdulillah, sembilan atlet kita bisa menembus babak semifinal. Kami tentu berharap seluruh atlet bisa kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya agar bisa tampil di babak final sekaligus lolos ke PON 2016," katanya.

Untuk bisa mengamankan tiket PON 2016, kata dia, setiap atlet memang diwajibkan bisa menembus babak final atau paling tidak bisa merebut posisi ketiga yang merupakan tiket terakhir bagi para atlet di Pra-PON setiap wilayah.

Ia menjelaskan, meski posisi tiga tetap bisa mendapatan tiket PON namun pihaknya meminta seluruh atlet berupaya lebih keras untuk bisa lolos ke babak final dan mendapatkan tiket otomatis.

"Kami dalam kesempatan ini sekaligus meminta dukungan dan doanya agar perjuangan atlet di babak semifinal malam ini bisa lebih maksimal. Seluruh atlet juga sudah siap tampil dan kita berharap bisa meraih kemenangan," katanya.

Sementara untuk nomor seni atau TGR, menurut dia, baru dimulai hari ini. Dirinya juga meminta seluruh atlet untuk fokus dan tidak gentar menghadapi lawan yang lebih diunggulkan seperti dari DI Jakarta, Bali, Papua Barat, Sulawesi Utara dan Maluku Utara.

Untuk TGR putra, Sulsel menurunkan sejumlah atlet diantaranya Muhammad Iqbal Ansyari (tunggal putra), Anjas AR Yordan/Akbar (ganda putra) serta beregu putra Andhika Rian, Jeffri dan Erwin.

Sementara untuk TGR putri Sulsel diperkuat masing-masing Syahriah Syah (tunggal putri), Atita Dwi Cahya/Fitria (ganda putri) serta Samrina, Sulastri dan Vilda Lestari yang akan memperkuat Sulsel di kategori seni beregu putri.

"Meski bukan hal mudah namun peluang kita untuk meloloskan kelas seni TGR tentu terbuka lebar. Kami juga meminta seluruh atlet untuk fokus sehingga mampu menampilkan kemampuan dan teknik seninya pada pertandingan hari ini," ujarnya.

Menghadapi Pra-PON 2015, Kontingen Sulsel senurunkan sebanyak 26 atlet yang berasal dari berbagai daerah di Sulsel seperti Makassar, Kabupaten Bantaeng, Sinjai, Takalar, hingga Kabupaten Luwu.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024