Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 44 Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Makassar turut ambil bagian pada kejuaraan sepak bola lorong atau A`golorong yang akan memperebutkan piala Wali Kota di karebosi.

"Olahraga ini kita ciptakan untuk menjawab talenta atau bakat anak-anak kita yang selama ini terpendam," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, Wali Kota Cup I tahun 2015 A`golorong yang dicetuskannya sendiri itu karena melihat banyaknya bakat-bakat anak remaja yang bermukim di pinggiran kota.

Para anak-anak dan remaja yang masih duduk di bangku SD dan SMP sering dijumpainya bermain bola di jalan-jalan setapak dan karena itulah gagasan ini kemudian muncul.

Danny menyebutkan bahwa sepak bola adalah olahraga yang sangat populer dan sangat digemari masyarakat. Akan tetapi hal itu terkendala karena tidak tersedianya lapangan yang memadai.

Karena itulah wali kota menginisiasi sebuah permainan bola yang juga disebut "Indonesian Street Super Soccer" yang bisa dilakukan di ruang sempit atau jalanan.

Sementara Ketua Panitia, Arief mengatakan bahwa sejarah awal diciptakannya pertandingan ini karena melihat sepak bola nasional khususnya di Makassar mengalami masa kritis.

"Selain itu, fenomena begal atau geng motor kebanyakan pelakunya berusia 10-15 tahun sehingga ini menjadi PR (pekerjaan rumah) kami sehingga kita adakan di tingkat SMP," ujarnya.

Danny berharap kegiatan ini terus dibumikan karena selain bernilai olahraga juga menjadi bagian penting dalam pembentukan motorik dan sesorik serta dapat menumbuhkan jiwa sportifitas bagi anak. Ia berharap kegiatan ini bisa dipertandingkan di olimpiade nasional.

Pertandingan dibuka hari ini dengan ceremonial yang sangat meriah. Di mulai dengan tari-tarian, Pa`daga marchin band, musik tradisional yang kesemuanya dipentaskan siswa SMP dari berbagai sekolah.

Sebagai pembukaan Danny yang mengenakan jaket FCB biru ini juga turut bermain dalam pertandingan exhibition selama tiga babak. Pertandingan ini akan digelar hingga 2 Desember mendatang.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024